PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DAN CONTEXTUAL LEARNING DALAM K-13

Authors

  • I Nyoman Karma Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, Universitas Mataram
  • Awal Nur Kholifatur Rosyidah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, Universitas Mataram
  • Ida Ermiana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, Universitas Mataram
  • Nurul kemala Dewi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, Universitas Mataram
  • Siti Istiningsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, Universitas Mataram
  • Abdul Kadir Jaelani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, Universitas Mataram

Abstract

Perangkat pembelajaran penting untuk disusun berdasarkan analisis kebutuhan dengan mengedepankan aktivitas belajar siswa. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan pendampingan bagi guru SD Gugus V kota Madya Mataram untuk merancang, menyusun perangkat pembelajaran (RPP dan LKS) matematika K-13 berbasis saintific approach dan contextual learning serta pelatihan praktik simulasi ke dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu 1) Sosialisasi kegiatan; 2) Penjelasan perangkat pembelajaran matematika SD (RPP dan LKS) dalam K-13; 3) Penjelasan scientific approach dan contextual learning; 4) Pendampingan penyusunan RPP matematika SD K-13 dan LKS berbasis scientific approach dan contextual learning; 5) Praktik simulasi perangkat pembelajaran matematika; 6) Diskusi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dengan cara memberikan refleksi atau pendapat guru terhadap sistematika komponen penyusun RPP K-13 serta berdasarkan portofolio perangkat RPP dan LKS yang telah disusun. Target dari kegiatan ini adalah guru dapat merancang serta menyusun RPP dan LKS matematika berbasis scientific approach dan contextual learning dengan menyesuaikan kebutuhan belajar siswa. Secara umum, semua rangkaian kegiatan pendampingan dapat terlaksana dengan optimal, diikuti dengan penuh antusias dari para guru

Published

2019-12-27

Issue

Section

Tema 3 : Inovasi dalam Penerapan Teknologi Tepat Guna