PENDAMPINGAN MANAJEMEN WAKTU DAN MANAJEMEN STRESS BAGI ORANGTUA TUNGGAL DI DESA TAWUN KECAMATAN SEKOTONG KABUPATEN LOMBOK BARAT

Lenny Herlina, Arfi Syamsun, Ida Lestari Harahap, Pujiarohman Pujiarohman

Abstract


Perempuan dan stress serta problem mengatur waktu adalah seumpama dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, hal tersebut mengingat multy tugas yang harus disandang kaum perempuan pada umumnya, semisal urusan domestic rumah tangga, mendidik anak-anak, kewajiban social di lingkungan tempat tinggal hingga membantu suami mencari nafkah. Bahkan tak dapat dinafikan betapa banyak perempuan dalam hal ini ibu tunggal (janda) yang berperan sebagai pencari nafkah utama. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini membidik bagaimana kondisi para janda di desa Tawun kecamatan Sekotong kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat berdasarkan pada fakta lapangan banyaknya janda di lokasi tersebut dengan tujuan memberikan pemahaman yang baik terkait stress dan manajemen waktu yang tentunya menjadi dua hal yang kerap menimbulkan probematika yang lebih tinggi dialami para janda dibandingkan ibu-ibu yang bukan janda. Pengabdian ini bertujuan pula untuk mengarahkan masyarakat agar memiliki kesadaran bagaimana mengelola stress dan mengelola waktu dengan baik, sebagaimana pandangan ilmu psikologi dan ilmu agama. Hasil kegiatan, (1) peserta mendapat pengetahuan dan pengarahan tentang pengelolaan stress dan manajemen waktu, (2) peserta mendapatkan pengukuran dan pendampingan pengelolaan stress dan manajemen waktu. 3) Terbentuknya kelompok Janda yang diayomi PKK Kabupaten Lombok Barat.

 

 


Keywords


Janda; manajemen waktu; manajemen stress

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik NTB. 2015.

Departemen Agama RI, 1995. al-Quran dan Terjemahnya, Semarang, Toha Putra.

Departemen Pendidikan Nasional, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka

Echols, John M. dan Hassan Sadily, 1995. Kamus Inggris Indonesia, Jakarta, PT. Gramedia

Gazali, Imam, 2016. Intisari Ihya’ Ulumiddin, terj. Junaidi Ismaiel. Jakarta, PT. Serambi Semesta Distribusi.

Hawari, Dadang.1997. AL-qur’an ilmu kedokteran jiwa dan kesehatan jiwa, (Jakarta:PT Dana Bhakti Prima Yasa), hlm. 44

KBBI. 2008, Semarang: CV.Widya Karya. hlm.199.

Kozier, B., Erb G., Berman, A., & Snyder S. J. 2004. Fundamentalsof Nursing Concepts Process and Practice. (7th ed). New Jersey: Pearson Education Line.

Reza, J.J., 2010. Manage Your Time For Success; Cerdas Mengelola Waktu untuk Mencapai Sukses, Yogyakarta, ANDI Offset

Sayyid Ali, Kearifan Lokal Suku Sasak. Wawancara 28 Oktober 2020.

Smet, 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta,Grasindo. hlm. 112




DOI: https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v2i4.354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.