TRAINING MARKETING STRATEGIES ONLINE AT JOINT BUSINESS GROUP (KUBE) IN FACING PANDEMICS COVID 19

Nurlinda RA, Bertuah Eka, Rojuaniah Rojuaniah, Elistia Elistia

Abstract


Kelompok Usaha Bersama (KUBE) adalah kelompok warga atau keluarga binaan sosial yang dibentuk oleh warga atau keluarga binaan sosial melalui proses kegiatan Prokesos untuk melaksanakan kegiatan kesejahteraan sosial dan usaha ekonomi dalam semangat kebersamaan sebagai sarana  untuk meningkatkan taraf kesejahteraan sosial.  Permasalahan yang terjadi saat ini sejak pandemi Covid-19 berdampak buruk bagi kondisi penjualan Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dimana usaha yang mereka jalani mengalami penurunan penjualan dan berdampak pada berkurangnya keuntungan yang mereka peroleh. Tujuan utama kegiatan pengabdian Masyarakat pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan usaha dan  pemasaran secara online yang berguna untuk pengembangan  usaha KUBE. Metode  Pengabdian masyarakat  dengan memberikan pelatihan yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting. Materi pelatihan yang berikan meliputi motivasi kewirausahaan, strategi pemasaran online, desain kemasan produk dan penyusunan laporan keuangan sederhana.  Hasil kegiatan pelatihan  adalah Kelompok Usaha Bersama (kube)  lebih memiliki pemahaman atas prosedur pemasaran secara online, memiliki kemampuan untuk mendesain kemasan produk secara menarik, kemampuan untuk membuat laporan keuangan secara sederhana serta memberikan semangat baru untuk mempertahankan usaha dan bersaing dalam bisnis, sehingga menumbuhkan kondisi perbaikan usaha dan keberlanjutan usahanya.


Keywords


Strategi Pemasaran Online, Motivasi Kewirausahaan, Perencanaan Usaha

Full Text:

PDF

References


Aji Cakti (2020, 11 Oktober) “Upaya Habis-Habisan Pemerintah Dalam Memulihkan Sektor UMKM”. Berita Acara.com. Diakses dari https://antaranews.co.id/2020/10/11/upaya-habis-habisan-pemerintah-dalam-memulihkan-sektor-umkm/

(ABDSI), A. B. D. S. I. (2020). Survey yang Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) dampak Covid-19 terhadap UMKM. http://www.abdsi.id/bappenas-sarankan-umkm-terdampak-covid-19-perlupendampingan/

Baker, T., Judge, K (2020) How To Help Small Business Survive Covid-19. Columbia Law and Economics Working Paper , (620)

Dai R, Hu J, Zhang X. 2020. The impact of Coronavirus on China’s SMEs: findings from the enterprise survey for innovation and entrepreneurship in China

Islam, A (2020). Configuring a Quadruple Helix Innovation Model (QHIM) based lblueprint for Malasyia SMEsto survive The crises happeningby Covid-19. Emerald Open Res, 2

Honoatubun, S. (2020). “Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia”. EduPsyCouns Journal. 2 (1):151




DOI: https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v2i4.357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.