EDUKASI WACANA PUBLIK BERBASIS POLITICAL CORRECTNESS PADA SISWA SMA SE-KOTA MATARAM SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN HOAKS

Kamaludin Yusra, Amrullah Amrullah, Yuni Budi Lestari, Nuriadi Nuriadi, Husnul Lail Husnul Lail

Abstract


Berita Hoax menjadi wacana yang sensitif dalam dunia politik apalagi jika salah satu pihak menuduh yang lainnya menyebarkan hoax dan berbuntut panjang sampai ke ranah hukum. Bagi netizen milenial seperti siswa SMA/MA/SMK, berselancar di dunia maya bukan masalah bagi mereka, tetapi membedakan berita hoaks dari berita sebenarnya membutuhkan keterampilan menganalisis wacana secara rinci. Namun, keterampilan berbahasa ini belum diajarkan di tingkat sekolah menengah sehingga banyak pesakitan terangkut berita hoaks kebanyakan berasal dari netizen dari kelompok umur milenial. Kegiatan pengabdian ini sengaja menyasar kelompok umur milenial dan melatih mereka mengidentifikasi fungsi sosial, struktur generik, dan fitur-fitur kebahasaan yang menjadi petanda berita hoaks dengan harapan agar mereka memiliki kemampuan mengidentifikasi jenis dan ciri-ciri berita hoaks dan menghindarkan diri dari menyebarkannya. Peserta direkrut dari SMA/MA/SMK di Kota Mataram atas rekomendasi kepala sekolah masing-masing dan, karena pandemic Covid19, selanjutnya peserta tersebut direkrut melalui seorang koordinator peserta. Sebanyak 30 siswa mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan melalui web meeting selama sehari pada tanggal 7 Nopember 2020. Kegatan bersifat penyuluhan dan pelatihan mengidentifikasi berita-berita hoaks. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan siswa pada fungsi sosial (tujuan komunikasi), struktur generik, dan ciri-ciri tekstual berbagai jenis hoaks tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri siswa mengidentifikasi berita-berita hoaks. Secara umum, peserta menguasai materi pelatihan dan penyuluhan dan berharap agar pelatihan tersebut berkelanjutan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.


Keywords


berita hoaks, tujuan komunikasi; struktur generic; fitur kebahasaan

Full Text:

PDF

References


Afroz, Sadia., Brennan, Michael, dan Greenstadt, Rachel. 2012. Detecting Hoaxes, Frauds, and Deception in Writing Style Online. 2012 IEEE Symposium on Security and Privacy. https://ieeexplore.ieee.org/stamp/stamp.jsp? arnumber=6234430. Diakses 12 Pebruari 2019 pukul 17.00 WITA

Bhatt, Gaurav., Sharma, Aman., Sharma, Shivam., dan Nagpal, Angkush. 2017. On the Benefit of Combining Neural, Statistical and External Features for Fake News Identication. Cornell University Computation and Language. https://arxiv.org/pdf/1712.03935.pdf. Diakses 12 Pebruari 2019 pukul 19.00 WITA

Bell, Allan. 2006. Speech Accommodation Theory and Audience Design Keith Brown (Ed.), Encyclopedia of Language and Linguistics. Oxford, UK: Elsevier. pp. 11--648

Bertens, Kees. 1983. Filsafat Barat Abad XX: Inggris-Jerman, Gramedia.

Gelfert, Axel. 2018. Fake News: A Definition. Informal Logic, Vol. 38, No.1 (2018), pp. 84–117.

Heryanto, Ariel. (1989). Berjangkitnya Bangsa-Bangsa di Indonesia. Majalah Pemikiran Sosial Ekonomi. Prisma No 1Tahun XVIII, 1989. Halaman 3-16, LP3ES.

Hymes, Dell.1974. Foundations of Sociolinguistics: An Ethnographic Approach. Philadelphia: University of Pennsylvania P, 1974..

Halliday, M. A. K. 1993. "Language as Social Semiotic." Janet Maybin (Ed.) Language and Literacy in Social Practice: A Reader: Clevedon: Multilingual Matters, pp. 23-43.

Halliday, M.A.K. 1994. An Introduction to Functional Grammar (2nd Ed.). New York, Edward Arnold

Halliday, M.A.K. and Hasan, R. 1985. Language, Context And Text: Aspects Of Language In A Social-Semiotic Perspective. Victoria: Deakin University.

Hikam, AS. 1999. Demokrasi dan Civil Society. Jakarta, LP3ES

Wilujeng, Sri Rahayu. (2003). Bahasa Politik dalam Perspektif Filsafat Bahasa Ludwig Wittgenstein. https://media.neliti.com/media/publications/5029-ID-bahasa-politik-dalam-perspektif-filsafat-bahasa-ludwig-wittgenstein.pdf. Diakses 12 Pebruari 2019 pukul 19.00 WITA.

Pinheiro, A., Cappeli, C. and Maciel, C. 2017. Designing Auditability in Social Networks to Prevent the Spread of False Information. IEEE Latin America Transactions, VOL. 15, No. 12, December 2017, pp. 2282-2289

Voloshinov, N.N. 1993. "Language and Ideology." Janet Maybin (Ed.) Language and Literacy in Social Practice: A Reader: Clevedon: Multilingual Matters, pp. 44-57.

Yusra, Kamaludin. 2012. Language and Social Solidarity. Mataram, CERDAS Publication

Yusra, Kamaludin, dan Lestari, Yuni Budi. 2018. Integrating Attitude, Knowledge and Skills in K-13 English Lesson Plans: Explorations into Teachers’ Agentic Roles in Materials Development. Asian EFL Journal, 20 (3): 172-190.

Yusra, Kamaludin, dan Lestari, Yuni Budi. 2017. Teacher Strategies in Integrating Attitude, Knowledge and Skills in K-13 English Lessons: A Case Study of Islamic Boarding Schools in Lombok. Makalah diperesentasikan The Tenth Conference On Applied Linguistics And The Second English Language Teaching And Technology Conference November 22 - 23, 2017 Banana Inn Bandung




DOI: https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v2i4.358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.