PENYULUHAN DAN LATIHAN DASAR-DASAR BIMBINGAN KONSELING BAGI GURU DAN CALON GURU SD DI KOTA MATARAM NTB

A. Hari Witono, Darmiany Darmiany, I Nyoman Karma, Deni Sutisna, Fitri Puji Astria, Nurwahidah Nurwahidah

Abstract


Bimbingan dan konseling merupakan upaya guru dalam melayani peserta didik dalam membina, mengarahkan, dan memotivasi peserta didik hingga mereka mampu menjadi pribadi yang berbudi, berkarakter, memiliki tujuan hidup, cerdas, berakhlak mulia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru dan calon guru sekolah dasar di Kota Mataram untuk memahami tentang teknik-teknik dasar bimbingan dan konseling bagi siswa sekolah dasar. Selain itu kegiatan ini diharapkan bisa menjadi bekal baik kepada guru ataupun mahasiswa sebagai calon guru untuk dapat menerapkan ilmu yang akan di dapatkan pada kegiatan ini. metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan dan pelatihan daring. Kegiatan ini dibagi menjadi 3 tahap, di antaranya : pertama kegiatan Awal yang meliputi (identifikasi masalah, observasi, sosialisasi kegiatan, dan pretest). Kedua kegiatan inti kegiatan inti yang meliputi (penyuluhan, penyampaian materi, simulasi pendampingan dan pelatihan). Ketiga kegiatan akhir yang meliputi (evaluasi, diskusi dan postest). Kegiatan ini berhasil dengan sukses, hal tersebut dapat terlihat dari meningkatnya kemampuan peserta tentang pemahaman dasar-dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Data diperoleh dari pretes dan postes yang telah di laksanakan. Hasil pretes sebelum dilaksanakan penyuluhan dan pelatihan hanya sekitar 7% peserta yang memahami tentang dasar-dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar dan setelah dilaksanakan kegiatan PPM (pengabdian pada masyarakat) maka terjadi peningkatan menjadi 74 % peserta yang memahami dasar-dasar bimbingan konseling di sekolah dasar. Oleh karena itu kegiatan PPM ini memberikan dan meningkatkan pemahaman kepada peserta tentang dasar-dasar bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar. Temuan yang menarik dalam kegiatan ini adalah keikutsertaan peserta yang bukan hanya berasal dari kota Mataram, ada beberapa di antara mereka yang berasal dari Provinsi Nusa tenggara timur yang turut berpartisipasi menjadi peserta kegiatan pengabdian ini.


Keywords


Penyuluhan; Pelatihan; Dasar-dasar Bimbingan Konseling

Full Text:

PDF

References


Efendi, G., & Wahyudi, A. (2016). PENGARUH JENIS LABELING SISWA IPS TERHADAP TINGKAT PERILAKU MENYIMPANG DI SMA NEGERI 1 SEKARAN Ari Wahyudi Abstrak. Paradigma, 04(03), 1–5.

Kushendar, K., & Maba, A. P. (2017). Bahaya Label Negatif Terhadap Pembentukan Konsep Diri Anak Dengan Gangguan Belajar. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 95–102. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i3.52

Kusumaningtyas, D., Kumalasani, M., & Deviana, T. (2019). Peran Guru SD dalam Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Di SD Muhammadiyah 8 Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v2i2.12598

Nurhayati, E. (2011). Bimbingan Konseling dan Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Paramita, D. P. (2014). Persepsi Guru Mapel Terhadap BK Dikaji dari Partisipasi Mereka Terhadap Pelaksanaan BK. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(3), 25–31.

Ridwan, A. (2017). Peran Guru Agama Dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Volume 4 N(December), 1–13. https://doi.org/10.5281/zenodo.1146595

Setianingsih, E. S. (2016). PERANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DI SD Eka. 6, 79–88.

Silitonga, A. S., Sarjono, Y., & Anif, S. (2014). Pengelolaan kegiatan bimbingan dan konseling untuk pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 28–39. Diambil dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/4412

Sutisna, D., Indraswati, D., Nursaptini, Novitasari, S., & Sobri, M. (2020). Penerapan Program Pendidikan Inklusi Di SDN 1 Sangkawana Lombok Tengah. Progres Pendidikan, 1(2), 115–127. Diambil dari http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/index%0APENERAPAN

Suwarno, & Farida, L. A. (2015). Aktualisasi Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers, ISBN: 978-(2), 323–332.

Witono, A. H., Widiada, I. K., & Khair, B. N. (2020). Partisipasi Guru Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di SD DI Kota Mataran NTB. 1(20), 99–105




DOI: https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v2i4.361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.