PENGEMBANGAN DESA LABUHAN BAJO KABUPATEN SUMBAWA MENJADI DESA WISATA EDUKASI MANGROVE BERBASIS ANAK MUDA DENGAN PENDEKATAN ACTIVE CITIZENS
DOI:
https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v3i2.509Abstract
Ekosistem mangrove di Provinsi Nusa Tenggara Barat berada dalam kategori kritis. Salah satu faktor yang penting untuk mencapai SDG adalah pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (education for sustainable development – ESD). Global Action Programme (GAP) Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan oleh UNESCO mengidentifikasi lima area prioritas untuk mencapai agenda ESD. Area prioritas 4 adalah pemberdayaan dan mobilisasi pemuda-pemudi. Untuk pemberdayaan dan mobilisasi pemuda-pemudi, kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan memfasilitasi pemuda-pemudi di Desa Labuhan Bajo, Kabupaten Sumbawa, dalam mengembangkan wisata edukasi mangrove dengan pendekatan Active Citizens. Active citizens merupakan pendekatan pemberdayaan dengan memfasilitasi kepemimpinan dan partisipasi aktif peserta pada setiap tahapan kegiatan pemberdayaan. Beberapa hasil yang diperoleh adalah: (i) terbentuknya kelompok pengelola wisata bahari yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, (ii) teridentifikasinya 4A (Amenitas, Aksesibilitas, Atraksi, dan Ancillary), (iii) tersedianya dokumen perencanaan pengembangan wisata bahari di Desa Labuhan Bajo yang dibuat secara partisipatif, dan (iv) terjalinnya kerjasama mahasiswa Prodi Kehutanan, Prodi Ilmu Kelautan Universitas Mataram dan kelompok penggiat konservasi lokal untuk berkolaborasi dalam pendidikan lingkungan dan wisata edukasi. Hal ini penting bagi mahasiswa terutama untuk mencapai Indikator Kinerja Utama 2 kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Kegiatan PkM ini menunjukkan bahwa pendekatan Active Citizens memberikan peluang bagi pemuda-pemudi untuk memahami persoalan lingkungan dan menjadi bagian dari solusi penyelesaian persoalan lingkungan termasuk degradasi ekosistem mangroveReferences
Agung, A. A.G. 2015. Pengembangan model wisata edukasi-ekonomi berbasis industri kreatif berwawasan kearifan lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol. 4. No. 2. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jishundiksha.v4i2.6380
Anwar, C., & Gunawan, H. 2007. Peranan Ekologis Dan Sosial Ekonomis Hutan Mangrove Dalam Mendukung Pembangunan Wilayah Pesisir. Ekspose Hasil-Hasil Penelitian, September, 23–34.
Bodger, D. 1998. Leisure, learning, and travel. Journal of Physical Education Recreation & Dance, 69(4), 28-31. http://dx.doi.org/10.1080/07303084.1998.10605532
BPS Kabupaten Sumbawa. 2019. Kecamatan Utan dalam Angka 2019. Katalog BPS : 1102001.5204061. ISBN : 978-602-5567-64-3.
Cooper, C., Fletcher, J., Gilbert, D.G. and Wanhill, S, (2005). Tourism; Principle and Practive, Third Edition, Harlow. Prentice Hall.
Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi NTB. 2010. Dalam Bupati Sumbawa. 2011. Keputusan Bupati Sumbawa Nomor 570 tahun 2014 tentang Rencana Pengelolaan dan Rencana Zonasi Kawasan Konservasi Perairan Gugusan Pulau Kramat, Bedil, dan Temudong, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa.
Ekasani, K. A., Bhuanaputri, N. K.A.W., Yosephanny, P., Alberta, F. J. 2020. The role of educational tourism for Indonesia development. Journal of Business on Hospitality and
Tourism. Vol 6. No 2. 170-176. https://dx.doi.org/10.22334/jbhost.v6i2
GWI. 2018. https://gpswisataindonesia.info/hutan-mangrove-di-provinsi-banten/.
Handoko, Hani T. 2009. Manajemen. Edisi 2. Cetakan Keduapuluh. BPFE Yogyakarta.
Heimlich, J. E. 2010. Environmental education evaluation: Reinterpreting education as a strategy for meeting mission. Evaluation and Program Planning, 33, 180-185.
Ilman, M., Wibisono, I. T. C., & Suryadiputra, I. N. N. (2011). State of the Art
Information on Mangrove Ecosystems in Indonesia State of the Art Information on
Lerner, A. L. 1999. A strategic planning primer for higher education. [online]. http://www.fgcu.edu/provost/files/strategic_planning_primer.pdf
Mangrove Ecosystems. 1–66. https://indonesia.wetlands.org/publications/state-of-the-artinformation-on-mangrove-ecosystems-in-indonesia/
Murdiyarso, D.; Purbopuspito, J.; Kauffman, J.B.; Warren, M.W.; Sasmito, S.D.; Donato, D.C.; Manuri, S.; Krisnawati, H.; Taberina, S.; Kurnianto, S. 2015. The Potential of
Indonesian Mangrove Forests for Global Climate Change Mitigation. Nature Climate Change 5: 1089-1092. https://doi.org/10.1038/nclimate2734
North American Association for Environmental Education Guidelines for Excellence in Environment Education. 2014. Project for excellence in environmental education. Washington, D.C; NAAEE. Available on http://www.naaee.org/publications/guidelines-for-excellence.
Pittman, J. (2003). Empowering individuals, schools, and communities. In: Solomon G, Allen N, Resta P (Eds), Toward digital equity: Bridging the divide in education.
Rusniati dan Haq, A. 2014. Perencanaan Strategis Dalam Perspektif Organisasi. Jurnal INTEKNA, Tahun XIV, No. 2, Nopember 2014 : 102 – 209.
Samah, A. A., and Ahmadian, M. 2013. Educational Tourism in Malaysia: Implications for International Development Practice. Asian Social Science. Vol. 9 No. 11. 17-23. :
http://dx.doi.org/10.5539/ass.v9n11p17
Spalding, M. M. K. L. C. (2010). World Atlas of Mangrove. Earthscan.
UNESCO. 2018. Policy Brief Advancing ESD Policy. UNESCO Global Action Programme on
Education for Sustainable Development. https://en.unesco.org/sites/default/files/gap_pn1_esd_and_the_sdgs_policy_brief_4_page_version.pdf
UNESCO. 2019. Global Action Programme on Education for Sustainable Development (2015-
2019). https://en.unesco.org/gap/priority-action-areas
UNFCCC. 2015. Adoption of the Paris Agreement; UN: New York, NY, USA, 2015. 8.
Anwar, C., & Gunawan, H. 2007. Peranan Ekologis Dan Sosial Ekonomis Hutan Mangrove Dalam Mendukung Pembangunan Wilayah Pesisir. Ekspose Hasil-Hasil Penelitian, September, 23–34.
Bodger, D. 1998. Leisure, learning, and travel. Journal of Physical Education Recreation & Dance, 69(4), 28-31. http://dx.doi.org/10.1080/07303084.1998.10605532
BPS Kabupaten Sumbawa. 2019. Kecamatan Utan dalam Angka 2019. Katalog BPS : 1102001.5204061. ISBN : 978-602-5567-64-3.
Cooper, C., Fletcher, J., Gilbert, D.G. and Wanhill, S, (2005). Tourism; Principle and Practive, Third Edition, Harlow. Prentice Hall.
Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi NTB. 2010. Dalam Bupati Sumbawa. 2011. Keputusan Bupati Sumbawa Nomor 570 tahun 2014 tentang Rencana Pengelolaan dan Rencana Zonasi Kawasan Konservasi Perairan Gugusan Pulau Kramat, Bedil, dan Temudong, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa.
Ekasani, K. A., Bhuanaputri, N. K.A.W., Yosephanny, P., Alberta, F. J. 2020. The role of educational tourism for Indonesia development. Journal of Business on Hospitality and
Tourism. Vol 6. No 2. 170-176. https://dx.doi.org/10.22334/jbhost.v6i2
GWI. 2018. https://gpswisataindonesia.info/hutan-mangrove-di-provinsi-banten/.
Handoko, Hani T. 2009. Manajemen. Edisi 2. Cetakan Keduapuluh. BPFE Yogyakarta.
Heimlich, J. E. 2010. Environmental education evaluation: Reinterpreting education as a strategy for meeting mission. Evaluation and Program Planning, 33, 180-185.
Ilman, M., Wibisono, I. T. C., & Suryadiputra, I. N. N. (2011). State of the Art
Information on Mangrove Ecosystems in Indonesia State of the Art Information on
Lerner, A. L. 1999. A strategic planning primer for higher education. [online]. http://www.fgcu.edu/provost/files/strategic_planning_primer.pdf
Mangrove Ecosystems. 1–66. https://indonesia.wetlands.org/publications/state-of-the-artinformation-on-mangrove-ecosystems-in-indonesia/
Murdiyarso, D.; Purbopuspito, J.; Kauffman, J.B.; Warren, M.W.; Sasmito, S.D.; Donato, D.C.; Manuri, S.; Krisnawati, H.; Taberina, S.; Kurnianto, S. 2015. The Potential of
Indonesian Mangrove Forests for Global Climate Change Mitigation. Nature Climate Change 5: 1089-1092. https://doi.org/10.1038/nclimate2734
North American Association for Environmental Education Guidelines for Excellence in Environment Education. 2014. Project for excellence in environmental education. Washington, D.C; NAAEE. Available on http://www.naaee.org/publications/guidelines-for-excellence.
Pittman, J. (2003). Empowering individuals, schools, and communities. In: Solomon G, Allen N, Resta P (Eds), Toward digital equity: Bridging the divide in education.
Rusniati dan Haq, A. 2014. Perencanaan Strategis Dalam Perspektif Organisasi. Jurnal INTEKNA, Tahun XIV, No. 2, Nopember 2014 : 102 – 209.
Samah, A. A., and Ahmadian, M. 2013. Educational Tourism in Malaysia: Implications for International Development Practice. Asian Social Science. Vol. 9 No. 11. 17-23. :
http://dx.doi.org/10.5539/ass.v9n11p17
Spalding, M. M. K. L. C. (2010). World Atlas of Mangrove. Earthscan.
UNESCO. 2018. Policy Brief Advancing ESD Policy. UNESCO Global Action Programme on
Education for Sustainable Development. https://en.unesco.org/sites/default/files/gap_pn1_esd_and_the_sdgs_policy_brief_4_page_version.pdf
UNESCO. 2019. Global Action Programme on Education for Sustainable Development (2015-
2019). https://en.unesco.org/gap/priority-action-areas
UNFCCC. 2015. Adoption of the Paris Agreement; UN: New York, NY, USA, 2015. 8.
Published
2022-04-06
How to Cite
PENGEMBANGAN DESA LABUHAN BAJO KABUPATEN SUMBAWA MENJADI DESA WISATA EDUKASI MANGROVE BERBASIS ANAK MUDA DENGAN PENDEKATAN ACTIVE CITIZENS. (2022). Jurnal PEPADU, 3(2), 166-178. https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v3i2.509
Issue
Section
Articles