PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sri Endang Anjarwani Dept Informatics Engineering, Mataram University Jl. Majapahit 62, Mataram, Lombok NTB, INDONESIA
  • Budi Irmawati Dept Informatics Engineering, Mataram University Jl. Majapahit 62, Mataram, Lombok NTB, INDONESIA
  • Moh. Ali Albar Dept Informatics Engineering, Mataram University Jl. Majapahit 62, Mataram, Lombok NTB, INDONESIA
  • Royana Afwani Dept Informatics Engineering, Mataram University Jl. Majapahit 62, Mataram, Lombok NTB, INDONESIA
  • Nadiyasari Agitha Dept Informatics Engineering, Mataram University Jl. Majapahit 62, Mataram, Lombok NTB, INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v3i2.516

Keywords:

Herpetofauna, Ekowisata, Desa Lantan, Lombok Tengah

Abstract

Sekolah Dasar Negeri  2  Karang Bongkot yang terletak di Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat selama masa pandemic ini proses belajar mengajar dengan mendatangi rumah ke rumah dan membentuk kelompok belajar dengan fasilitas yang terbatas seperti tempat kelompok belajar yang tidak memadai, tidak terdapat papan tulis dan memerlukan penjadwalan kunjungan guru ke setiap kelompok belajar. Para guru belum familiar penggunaan e- learning, karena belum pernah menggunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dipandang perlu memberikan pelatihan bagi para guru dalam Learning Manajemen System (LMS) untuk pembelajaran daring dalam mempermudah dan meningkatkan pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer atau digital. Dengan penggunaan media pembelajaran daring diharapkan para guru dapat membuat dan melaksanakan proses pembelajaran daring dengan menggunakan Google Suite for Education (G Suite) yang dapat dikases oleh peserta didik dengan mudah menggunakan komputer atau handphone. Untuk bekerja dengan G Suite para guru harus sudah mempunyai email untuk  mempraktekan penggunaan G Suite, pada prakteknya para guru dapat saling bertukar email untuk dijadikan siswa. Dengan demikian bisa telihat tugas yang diberikan guru ke siswa dan siswa dapat melihat tugas yang diberikan oleh guru. Antusiasme peserta dalam mengikuti kegatan pelatihan, mempraktek setiap materi pelatihan, dan motivasi yang ditunjukkan oleh peserta untuk menanyakan tentang penggunaan setiap fitur – fitur yang tersedia pada G Suite teruatam penggunaan google form dan google classroom hingga peserta dapat menggunakan dengan baik dan lancar dan  memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas para guru dalam mendukung kegiatan proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien 

References

Fattah A. 2017. Keanekaragaman dan persebaran anura di Taman Wisata AirTerjun Kembangsoka dan Kedungpedut, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Biodiversitas 6 : 28 -31

Hijriati E., Mardiana R. 2014. Pengaruh ekowisata berbasis masyarakat terhadap perubahan kondisi ekologi, sosialdan ekonomi di Kampung Batu-suhunan, Sukabumi. J Sos Ped 2(3) : 146-157

Huda SA. 2017. Jenis herpetofauna Di Cagar Alam Dan Taman Wisata AlamPengandaran Jawa Barat. Sci Edu J Pend Sains 6 (1) : 41-46

Published

2022-04-06

How to Cite

Anjarwani, S. E., Irmawati, B., Albar, M. A., Afwani, R., & Agitha, N. (2022). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal PEPADU, 3(2), 229-236. https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v3i2.516