PENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MASYARAKAT DI DESA WISATA KEMBANG KUNING MELALUI PROGRAM ENGLISH CLASS

Authors

  • Andre Rachmat Scabra Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Haris Saputra Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Muhammad Sofyan Maulana Yusuf Ibrahim Program Studi Teknologi Pertanian Universitas Mataram
  • Randy Aristo Putra Program Studi Peternakan Universitas Mataram
  • Muhammad Usman Jayadi Program Studi Teknik Mesin Universitas Mataram
  • Novita Wahyuliana Program Studi Biologi Universitas Mataram
  • Siti Nurul Faica Rahmani Program Study Pendidikan Bahasa Ingrgris

DOI:

https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v3i2.519

Keywords:

Sekolah Dasar, LMS, Pembelajaran Daring, G Suite.

Abstract

Desa Kembang Kuning merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.Desa ini terkenal dengankeindahan alamnya yang menyebabkan banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Desa Kembang Kuning.Untuk mendukung hal itu, mempelajari Bahasa Inggris berperan penting sehingga memudahkan masyarakat melakukan komunikasi dengan wisatawan asing.Demikian halnya dengan anak-anak di sekitar desa yang sejak dini juga memerlukan dasar dasar bahasa inggris untuk sekedar menyapa atau bahkan sebagai penerus langkah pariwisata di masa mendatang.Namun, anak-anak di Desa Wisata Kembang Kuning masih memiliki kemampuan yang kurang dalam bahasa inggris.Berdasarkan hal tersebut, Tim pelaksana pengabdian kepada Masyarakatberupaya        untuk        meningkatkan        kemampuan        berbahasa inggris masyarakatkhususnya anak-anak sebagai generasi penerus  untuk memajukan wisata memalui program kerja yaitu English Class. Program ini dilaksanakan delapan kali pertemuan yaitu setiap hari Kamis dan Jum’at dalam kurung waktu empat minggu.Metode yang digunakan yaitu persiapan dan pelaksanaan.Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini, didapatkan bahwa kemampuan anak-anak dalam Bahasa Inggris dari hari ke hari semakin meningkat seperti Greetings, vocabulary, dan introduction.Untuk meningkatkan kembali kemampuan tersebut secara makasimal maka perlu ada binaan lanjutan dari desa.

References

Ali Sadikin, Afreni Hamidah, Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 BIODIK:Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 06, No. 02, 2020 , Hal. 214 –224.

Matdio, Siahaan, Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), Edisi Khusus No. 1 (Juli 2020), Halaman: 1 – 3

Miswadi Warsono, Implementasi Learning Management System (LMS) Melalui Website dan E-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pendidik, Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar , Vol. 5, No. 1, Maret 2021, Page: 177-200

Oktafia Ika Handarini, Siti Sri Wulandari, Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH), Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP),Volume 8, Nomor 3, 2020

Salwa, I Gede Aditya Wisnu Wardana, Qurratul Aini, Irwansyah, Ni Wayan Switrayani, Pelatihan membuat dan menggunakan Media Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi, Proseding PEPADU 2020, Vol.2, 2020

Published

2022-04-06

How to Cite

Scabra, A. R., Saputra, H., Ibrahim, M. S. M. Y., Putra, R. A., Jayadi, M. U., Wahyuliana, N., & Rahmani, S. N. F. (2022). PENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MASYARAKAT DI DESA WISATA KEMBANG KUNING MELALUI PROGRAM ENGLISH CLASS. Jurnal PEPADU, 3(2), 254-259. https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v3i2.519