Pemberdayaan Kelompok Tani Desa Jago dalam Pengolahan Pakan Ternak Berbasis Limbah Pertanian

Nurul Ismillayli, Dhony Hermanto, Ni Komang Tri Dharmayani, Surya Hadi

Abstract


Pengembangan peternakan sapi perlu didukung dengan ketersediaan pakan yang berkualitas yang sampai saat ini masih merupakan kendala utama dalam peningkatan produktivitas ternak sapi. Salah satu alternatif penyediaan pakan ternak adalah memanfaatkan dan mengembangkan limbah hasil pertanian dan seperti sekam/jerami/jerami padi yang banyak tersedia di Desa Jago. Sayangnya bahan pakan jenis ini memiliki kadar protein kasar dan energi rendah dan serat kasar yang tinggi. Oleh karena itu, introduksi teknologi pakan ternak sangat diperlukan untuk meningkatkan nilai gizi pakan sekaligus menjamin ketersediaan pakan sepanjang tahun. Kegiatan pengabdian dengan memberdayakan Kelompok Tani Desa Jago dalam Pengolahan Pakan Ternak Berbasis Limbah Pertanian telah dilakukan. Mitra sasaran adalah anggota kelompok tani Tunas Harapan yang rata-rata merupakan peternak sapi. Kegiatan dilakukan dengan dua tahapan yaitu sosialisasi tentang manfaat limbah peternakan sebagai pakan ternak dan jenis pakan yang bernutrisi tinggi dan kerja praktek pengolahan sekam/jerami padi menjadi pakan ternak. Pembuatan pakan ternak sapi dilakukan melalui fermentasi menggunakan EM4 yang diikuti dengan suplementasi menggunakan rumput laut dan molases untuk meningkatkan protein kasar, karbohidrat dan menurunkan serat kasar sehingga meningkatkan daya cerna dan nutrisi pakan. Anggota kelompok tani Desa Jago merespon positif kegiatan pengolahan pakan ternak sapi dari limbah sekam/jerami padi. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan sekam/jerami padi sebagai limbah pertanian yang melimpah dan menjamin ketersediaan pakan ternak yang murah dan bernutrisi sepanjang tahun

Keywords


limbah pertanian, fermentasi, pakan ternak, EM4, Desa Jago

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Tengah, 2015, Statistik Daerah Praya 2015, diakses dari http://lomboktengahkab.go.id pada Tanggal 25 Mei 2016.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Tengah, 2018, Kecamatan Praya dalam Angka 2018, diakses dari http://lomboktengahkab.go.id/ publication/download.html pada Tanggal 10 Mei 2019.

Gunawan, E.R., Suhendra, D., Hermanto, D., 2013, Optimalisasi Integrasi Sapi, Jagung, Dan Rumput Laut (Pijar) Pada Teknologi Pengolahan Pakan Ternak Berbasis Limbah Pertanian Jagung – Rumput Laut Guna Mendukung Program Bumi Sejuta Sapi (Bss) Di Nusa Tenggara Barat, Buletin Peternakan, Vol.37, No. 3, 157-164. DOI: 10.21059/buletinpeternak.v37i3.3086.

Indraningsih dan Sani, Y., 2005, Kajian kontaminasi pestisida pada limbah padi sebagai pakan ternak dan alternatif penanggulangannya. Pros. Seminar Nasional Pengembangan Usaha Peternakan Berdaya Saing di Lahan Kering. Puslitbang Peternakan– UGM. Yogyakarta:108–119.

Mahendri, I.G.A.P., B. Haryanto, E. Handiwirawan, A. Priyanti, L. Natalia, Indraningsih dan R.A. Saptati, 2005. Laporan Inovasi Teknologi Pakan Padi Fermentasi dengan Probion untuk Meningkatkan Kinerja Produksi Ternak Ruminansia. Puslitbang Peternakan.

Telew, C., Kereh, V.G, Untu, I.M dan Rembet, B.W., 2013, Pengayaan Nilai Nutritif Sekam/jerami Padi Berbasis Bioteknologi “Effective Microorganisms” (EM4) Sebagai Bahan Pakan Organik, Jurnal Zoot, Vol.32 No. 5, 1-8.




DOI: https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i1.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.