TEKNIK PENGENDALIAN HAMA PADA TANAMAN SAYURAN YANG DIBUDIDAYAKAN DI “KRPL” DENGAN MEMANFAATKAN TANAMAN REFUGIA SEBAGAI PERANGKAP MUSUH ALAMI

Authors

  • Hery Haryanto Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan BudidayaPertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mataram.
  • Meidiwarman Haryanto Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan BudidayaPertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mataram.
  • Mery Windarningsih Windarningsih Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan BudidayaPertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mataram.
  • Ruth Stella Petrunella Thei Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan BudidayaPertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mataram.

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan di desa Bonjeruk kecamatan Jonggat, Lombok Tengah. Kelompok sasaran adalah kelompok pemuda tani “BonJor” yang merupakan kelompok tani yang baru terbentuk.Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan produktivitas tanaman sayuran dengan inovasi baru. Kendala yang sering dialami oleh petani tersebut adalah memilih menanam sayuran dimusim hujan tetapi tanaman banyak diserang penyakit. Sedangkan di musim kemarau tanaman dominan diserang oleh hama. Oleh sebab itu inovasi baru yang dimaksud adalah menanam tanaman refugia sebagai perangkap musuh alami hama. Metode yang dilakukan adalah kaji tindak dengan penerapan pendekatan program tindak partisipatif. Tahapannya meliputi persiapan yaitu identifikasi masalah dan survei dengan metode diskriptif eksploratif, kemudian diadakan pelatihan dengan teknik ceramah dan diskusi. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut adalah dilakukan demonstrasi plot dengan menanam tanaman refugia seperti bunga matahari, kenikir, merygold, bunga kertas, di sekitar tanaman sayuran dari bulan Juni sampai Oktober 2020. Hasilnya kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa : a) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan anggota Kelompok Pemuda Tani BonJor dalam teknik pengendalian hama, b) menerapkan tanaman refugia sebagai perangkap musuh alami hama pada sayuran yang ditanam di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), c) terbentuknya paket teknologi tentang teknik pengendalian hama dengan memanfaatkan tanaman refugia sebagai tanaman perangkap musuh alami hama

Published

2021-01-13

Issue

Section

Articles