PENDAMPINGAN INOVASI PEMBELAJARAN IPS HOTS POLA LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY DI SMP 14 MATARAM

Hairil Wadi, Hamidsyukrie Hamidsyukrie, Sukardi Sukardi, Ni Made Novi Suryanti, Nurlaily Handayani, Masyhuri Masyhuri

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi adanya tuntutan kepada guru lebih khusus guru IPS sebagai pendidik profesional agar memiliki kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan  pembelajaran IPS yang inovatif berorientasi HOTS. Oleh karena itu penting dibangun komunitas guru mata pelajaran IPS melalui Lesson Study For Learning Community. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kolaborasi guru-guru IPS dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi
dengan istilah HOTS (High Order Thinking Skill). Inovasi pembelajaran IPS HOTS pola Lesson Study For Learning Community yang dimaksudkan adalah guru-guru IPS bersinergi atau berkolaborasi dalam satu tim merencanakan, mengimplementasikan, dan merefleksi kegiatan belajar siswa yang berbeda dari sebelumnya yang berorientasi  pada kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti berpikir kritis, berpikir kreatif, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu ekpositori, diskusi kelas, praktik perancangan pembelajaran, dan simulasi. Hasil kegiatan pendampingan diantaranya kegiatan pendampingan berlangsung selama dua kali putaran, melibatkan dua orang dosen sebagai narasumber dan lima orang guru IPS SMP 14 Mataram, penyampaian materi, diskusi materi, praktik merancang chapter design dan Lesson design IPS HOTS, implementasi oleh guru model, dan melakukan  refleksi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding PEPADU Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

(E-ISSN: 2715-5811)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram

Jalan Pendidikan No. 37 Mataram