PENGARUSUTAMAAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF MELALUI SOSIALISASI KEPADA WARGA SEKOLAH/MADRASAH DI KOTA MATARAM

Authors

  • Edy Herianto Prodi PPKn PIPS FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Dahlan Dahlan Prodi PPKn PIPS FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • M. Ismail Prodi PPKn PIPS FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Abstract

Pendidikan inklusi pada prinsipnya merupakan pendidikan bagi seseorang yang mengalami hambatan fungsional. Hingga saat ini masih ada peserta didik yang belum terakomodir dalam pendidikan formal di sekolah. Akibatnya, mereka mengalami permasalahan pada perkembangan akademik dan sosialisasinya jika dibandingkan dengan peserta didik yang regular (normal). Untuk itu perlu ada upaya untuk mewujudkan sistem pembelajaran dalam kerangka pendidikan inklusif yang memberikan peluang bagi peserta didik yang mengalami hambatan fungsional memiliki kesempatan belajar yang sama dengan peserta didik yang regular (normal). Agar pendidikan inklusif ini menjadi bagian penting yang perlu menjadi perhatian oleh berbagai pihak, maka pengarusutamaan konsep ini perlu dilakukan. Melalui sosialisasi tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah/madrasah, diharapkan pihak sekolah/madrasah (kepala sekolah/madrasah dan guru) memiliki persepsi yang sama tentang pentingnya pendidikan inklusif dan pada gilirannya nanti mengambil peran sesuai dengan tugas dan fungsinya. Setelah kegiatan pengabdian masyarakat melalui sosialisasi, hasilnya menunjukkan bahwa telah ada perubahan tingkat pengetahuan peserta atas konsep pendidikan inklusif. Pada akhir kegiatan, seluruh peserta menyusun rencana kegiatan tindaklanjut sebagai langkah awal memperhatikan kesetraaan hak memperoleh layanan pendidikan bagi peserta didik regular dan yang mengalami hambatan fungsional. Keywords: pendidikan inklusi

Published

2020-12-13

Issue

Section

Articles