PKM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MEKANIKA APLIKATIF BAGI GURU IPA

Authors

  • Islahudin Islahudin Prodi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Saiful Prayogi Prodi Pendidikan Fisika, FSTT Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Haifaturrahmah Haifaturrahmah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan melaksanakan pendampinganpengembangan alat peraga mekanik aplikatif bagi guru IPA. Sebagai pendukung alat peraga yangdikembangkan, dalam kegiatan PKM ini juga dilakukan pendampingan pengembangan lembar kerjapeserta didik (LKPD) berbasis keterampilan proses sains. Mitra kegiatan PKM, yaitu Madrasah AliyahNW Sepit, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, dan anggota kelompok guru mitra yangterlibat sebanyak 12 guru IPA pada rumpun mata pelajaran fisika, biologi, dan kimia. Metodepelaksanaan PKM melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan yang dirinci menjadi empat tahap,mulai dari persiapan, pelatihan dan pendampingan, konsultasi dan presentasi produk hasilpendampingan, sampai dengan implementasi produk hasil pendampingan ke peserta didik padapembelajaran IPA. Hasil kegiatan PKM secara umum, yaitu guru IPA sebagai kelompok mitra telahmemiliki kompetensi dalam mengembangkan alat peraga mekanik aplikatif dan LKPD berbasisketerampilan proses sains sebagai pendukung implementasi alat peraga ke peserta didik. Produk alatperaga aplikatif yang dikembangkan guru menjadi fondasi pembelajaran inovatif guru IPA dalammenciptakan proses pembelajaran yang atraktif dan menarik untuk mencapai hasil belajar yang lebihoptimal. Hasil kegiatan PKM ini dapat menjadi referensi pelaksanaan kegiatan PKM serupa untukdapat dilaksanakan pada kelompok guru IPA di kabupaten lain sebagai kegiatan suplemen bagi gurudalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPA di kelas.

Published

2020-12-13

Issue

Section

Articles