PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMA NEGERI I SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB
Authors
Nurul Ismillayli
Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
Dhony Hermanto
Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
Ruru Honiar
Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
I Gusti Ayu Sri Andayani
Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
Ulul Khairi Zuryati
Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
Baiq Mariana
Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
Abstract
Suatu kegiatan pengabdian pelatihan penulisan karya ilmiah bagi siswa SMA Negeri I Selong telah dilakukan. Rendahnya minat dan keterampilan siswa dalam menulis suatu karya ilmiah yang baik dan menarik disebabkan oleh minimnya pengetahuan siswa tentang penentuan rumusan masalah, sistematika penulisan dan penulusuran informasi sebagai sumber pustaka. Solusi yang ditawarkan atas permasalahan tersebut adalah malakukan pendampingan berupa pemberian motivasi untuk meningkatkan minat menulis karya ilmiah sebagai hasil penelitian atau kajian pustaka dan pelatihan tentang cara menentukan permasalahan dari suatu topik dan menuliskannya dalam bentuk suatu karya ilmiah dengan menggunakan sistematika penulisan yang baku. Mitra juga diberi pelatihan tentang cara menelusuri informasi yang benar/absah dengan memanfaatkan internet dalam mendukung penulisan karya ilmiah. Metode kegiatan yang dilakukan yaitu pelatihan yang diisi dengan ceramah, presentasi, diskusi dan pendampingan mitra. Mitra merespon positif kegiatan dengan menunjukkan antusiasme selama kegiatan berlangsung dan peningkatan pemahaman mitra tentang penulisan karya ilmiah meningkat. Kegiatan ini dapat meningkatkan minat dan ketrampilan siswa untuk menulis karya ilmiah yang baik dengan mengoptimalkan pemanfaatan internet dalam mendukung penulisan karya ilmiah.