PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMA NEGERI I SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB

Authors

  • Nurul Ismillayli Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Dhony Hermanto Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Ruru Honiar Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • I Gusti Ayu Sri Andayani Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Ulul Khairi Zuryati Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Baiq Mariana Program Studi Kimia, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Abstract

Suatu kegiatan pengabdian pelatihan penulisan karya ilmiah bagi siswa SMA Negeri I Selong telah dilakukan. Rendahnya minat dan keterampilan siswa dalam menulis suatu karya ilmiah yang baik dan menarik disebabkan oleh minimnya pengetahuan siswa tentang penentuan rumusan masalah, sistematika penulisan dan penulusuran informasi sebagai sumber pustaka. Solusi yang ditawarkan atas permasalahan tersebut adalah malakukan pendampingan berupa pemberian motivasi untuk meningkatkan minat menulis karya ilmiah sebagai hasil penelitian atau kajian pustaka dan pelatihan tentang cara menentukan permasalahan dari suatu topik dan menuliskannya dalam bentuk suatu karya ilmiah dengan menggunakan sistematika penulisan yang baku. Mitra juga diberi pelatihan tentang cara menelusuri informasi yang benar/absah dengan memanfaatkan internet dalam mendukung penulisan karya ilmiah. Metode kegiatan yang dilakukan yaitu pelatihan yang diisi dengan ceramah, presentasi, diskusi dan pendampingan mitra. Mitra merespon positif kegiatan dengan menunjukkan antusiasme selama kegiatan berlangsung dan peningkatan pemahaman mitra tentang penulisan karya ilmiah meningkat. Kegiatan ini dapat meningkatkan minat dan ketrampilan siswa untuk menulis karya ilmiah yang baik dengan mengoptimalkan pemanfaatan internet dalam mendukung penulisan karya ilmiah.

Published

2020-12-13

Issue

Section

Articles