PELATIHAN MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI

Authors

  • Sulwa Sulwa Program studi Matematika FMIPA Universitas Mataram
  • I Gede Aditya Wisnu Wardana Program studi Matematika FMIPA Universitas Mataram
  • Qurratul Aini Program studi Matematika FMIPA Universitas Mataram
  • Irwansyah Irwansyah Program studi Matematika FMIPA Universitas Mataram
  • Ni Wayan Switrayni Program studi Matematika FMIPA Universitas Mataram

Abstract

Di masa pandemi sekarang ini, guru sebagai penggerak kegiatan belajar mengajar di sekolah dituntut untuk terus berinovasi dalam menggunakan dan membuat media pembelajaran, termasuk di dalamnya adalah media pembelajaran matematika. Dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif, siswa tidak akan merasa bosan ketika mempelajari matematika, sehingga diharapkan siswa akan tertarik serta menumbuhkan motivasi belajar matematika lebih lanjut. Selain itu ada beberapa media pembelajaran daring yang bisa digunakan guru-guru sebagai media penyampaian materi pelajaran kepada siswa. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru SD dalam menggunakan media pembelajaran daring dan membuat media pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah mengadakan webinar dengan peserta yang berasal dari guru-guru, dengan tiga tahapan yaitu (1) Tahap Persiapan, (2) Tahap pelaksanaan kegiatan (3) Tahap evaluasi. Hasil dari kegaiatan ini menunjukkan guru mendapat pengetahuan baru tentang media pembelajaran daring serta membuat media pembelajaran interaktif yang terlihat dari hasil tanya jawab dengan peserta pelatihan. Hal ini akan menambah pengetahuan guruguru tentang bagaimana mmembuat media pembelajaran serta memilih media pembelajaran daring yang bisa disesuaikan dengan kondisi siswa masing-masing.

Published

2020-12-13

Issue

Section

Articles