PENYULUHAN PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENGATASI MASALAH PEMBELAJARAN SISWI PONDOK PESANTREN NURUL HARAMAIN PUTRI NARMADA

Authors

  • Mahyuni Mahyuni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Nur Ahmadi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Lalu Jaswadi Putera Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Abstract

Tak bisa dipungkiri melihat fakta bahwa proses pendidikan di sekolah begitu dinamis, ditambah lagi uniknya masing-masing kelas dan siswa yang dihadapi, maka problematikayang muncul dalam proses belajar mengajar juga akan terus berkembang. Oleh karena ituperlu upaya terencana dan berkesinambungan dalam memecahkan problematika yangdihadapi melalui kegiatan penyuluhan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran barusemacam Lesson Study (LS) khususnya di masa pandemi Covid-19 ini. Berkaitan denganitu, kegiatan PKM ini bertujuan untuk: (1) memberikan pemahaman kepada guru di pondokpesantren Nurul Haramain Putri Narmada tentang konsep LS dan cara penerapannya; (2)menggali informasi tentang persepsi para guru terkait manfaat PKM ini dan kendala yangdihadapi guru dalam penerapan LS; (3) mendorong terciptanya penerapan LS yang efektifdi kelas untuk mengatasi masalah pembelajaran yang dihadapi para siswi. Setelah melaluiserangkaian kegiatan mulai dari tahap persiapan hingga evaluasi, diperoleh kesimpulan:(1) kegiatan PKM ini dapat memberi pemahaman yang komprehensif kepada para gurutentang konsep LS dan langkah-langkah penerapannya; (2) para peserta menyambut positifpenerapan LS di ponpes mereka khususnya untuk kegiatan pembinaan moral dan akhlaksiswi dalam upaya membentengi mereka dari dampak negatif pergaulan, internet, danmedia sosial; (3) melalui implementasi di kelas, LS terbukti dapat mengatasi masalahpembelajaran siswi khususnya dalam memperbaiki moral dan karakter mereka. Meskipunada kendala yang dihadapi seperti persiapan LS yang memakan waktu lama, belum adanyainovasi untuk instrumen evaluasi, dan kendala dalam menyinkronisasi LS dengankurikulum yang sudah ada, namun secara umum para guru menganggap LS bermanfaatkhususnya dalam menghadapi tantangan dan hambatan pembelajaran di masa pandemi ini.

Published

2020-12-13

Issue

Section

Articles