Literasi Penggunaan Media Sosial Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) Secara Bijak Di Kota Mataram

Authors

  • Eka Putri Paramita Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram
  • I Wayan Suadnya Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram
  • Tenri Waru Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Abstract

Rendahnya literasi media sosial dalam masyarakat digital menjadi salah satu pendorong maraknya dampak negatif penggunaan internet seperti informasi hoaks, pelanggaran privasi, cyberbullying, konten kekerasan dan pornografi, dan adiksi media digital. Kondisi tersebut mendorong negara negara maju seperti Jepang, negara-negara Asia Tenggara dan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) untuk memberikan perhatian khusus terhadap literasi media sosial bagi keluarga dan masyarakat. Hasil wawancara dengan 30 siswa SMP yang menjadi target pengabdian ini menunjukkan bahwa hampir semua siswa menyatakan belum bisa membedakan informasi bohong dan informasi yang benar. Bahkan kebanyakan dari mereka ikut membagikan berita yang mereka terima tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu. Kondisi ini tentu sangat berbahaya baik dari segi psikologi anak, sosial dan hukum. Oleh karena itu literasi penggunaan media sosial secara cerdas dan bijak perlu diberikan kepada anak sekolah terutama tingkat SMP karena pada usia ini biasanya orang tua sudah memberikan handphone (HP) kepada putra-putrinya untuk digunakan sendiri. Kegiatan ini dilakukan melalui penyuluhan kepada anak-anak SMP di Kota Mataram. Kegiatan yang dilaksanakan dalam pengabdian pada masyarakat ini menggunakan pendekatan pendidikan pedagogy dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa sekolah. Hasil yang diperoleh adalah tumbuhnya kesadaran siswa bahwa selama ini mereka tidak tahu kalau banyak informasi yang tidak benar juga beredar di media sosial. mereka sadar bahwa tindakan mereka menshare ataupun memposting berita menjadi subjek hukum yang bisa berdampak negatif bagi dirinya. Oleh karena itu mereka akan lebih berhati-hati dalam memilih dan membagikan informasi yang diterima dari media sosial

Published

2019-12-27

Issue

Section

Tema 4 : Inovasi dalam Penyuluhan dari Berbagai Bidang Ilmu