Penyuluhan Isi Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalulintas Dan Angkutan Jala Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Guru-Guru MTs/MA NW Boro’ Tumbuh Kecamatan Suralaga Lombok Timur
Abstract
Masih rendahnya kemampuan menulis karya ilmiah Guru-guru di tingkat pendidikan menengah menjadi masalah serius yang harus dicarikan solusinya. Padahal, membuat karya tulis bagi guru guru khususnya tulisan dalam penelitian tindakan kelas {PTK} menjadi salah satu syarat kenaikan pangkat. Banyak diantara guru – guru telah memvonis dirinya tak sanggup untuk menulis karya ilmiah sebelum mencobanya. Banyak diantara mereka yang mengaku kalah sebelum bertempur. Melihat kenyataan itu, maka tujuan pengabdian pada masyarakat ini ialah membantu para guru dalam membuat karya tulis khususnya membuat proposal penelitian tindakan kelas [PTK}dengan menggunakan model/metode pendampingan.Peserta pelatihan berjumlah 30 orang guru MTs/MA NW Boro’Tumbuh Kecamatan Suralaga Lombok Timur. Kegiatan pengabdian diawali dengan ceramah oleh Narasumber dengan materi pentingnya menulis karya ilmiah khususnya PTK bagi guru-guru dalam upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam membangun bangsa. Selanjutnya peserta secara berkelompok diminta untuk membuat proposal PTK yang berkaitan dengan mata pelajaran yang mereka ajarkan dengan didampingi oleh tim pengabdian pada masyarakat FKIP Universitas Mataram.Dari pelatihan penulisan karya ilmiah khususnya PTK dengan metode pendampingan ini didapatkan hasil bahwa motivasi guru-guru dalam mengikuti pelatihan ini sangat antusias. Hal ini ditunjukkan dengan seriusnya mereka dalam berdiskusi kelompok untuk membuat proposal PTK. Di akhir kegiatan pelatihan guru-guru berhasil menuntaskan tugas membuat proposal PTKPublished
2019-12-27
Issue
Section
Tema 4 : Inovasi dalam Penyuluhan dari Berbagai Bidang Ilmu