PENGUATAN MATERI RANGKAIAN LISTRIK MENGGUNAKAN TINKERCAD UNTUK SISWA PONPES CENDEKIA DARUL LUTVIYAH MURNI NW AIKMEL

Authors

  • Marzuki Marzuki Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram
  • I Wayan Sudiarta Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram
  • I Gusti Ngurah Yudi Handayana Fakultas MIPA, Universitas Mataram, Mataram

Abstract

Kegiatan belajar-mengajar di sekolah sangat ditekankan agar setiap bidang studi menggunakan pendekatan saintifik (ilmiah), yang meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, dan menyimpulkan. Pendekatan saintifik dimaksud lebih mengarah kepada kegiatan bereksperimen. Kegiatan eksperimen menjadi kebutuhan dasar yang wajib dialami oleh siswa. Akan tetapi, kebutuhan eksperimen siswa sering tidak terakomodasi dengan baik, baik itu karena terbatasnya alat penunjang eksperimen serta pertimbangan keamanan. Hal ini menjauhkan siswa dari filosofi learning by doing pada siswa. Hal yang sama dialami pula oleh siswa MA Cendekia NW Aiklomak, Lombok Timur. Siswa MA memang tidak banyak diberikan praktikum, terlebih berkaitan dengan kelistrikan, yang dikarenakan tidak adanya kit eksperimen kelistrikan. Atas dasar itulah pengabdian dilakukan di pondok pesantren tersebut, yang tujuannya untuk memberikan penguatan pada siswa terkhusus pada materi rangkaian listrik. Eksperimen kelistrikan dilakukan secara virtual menggunakan Tinkercad. Secara umum siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran model ini. Mereka merasa lebih mudah memahami konsep kelistrikan yang memang sangat abstrak dan selama ini hanya diperoleh secara teoritik saja. Diakui juga oleh guru fisikanya bahwa baru pertamakalinya melihat praktikum semacam ini, sembari berharap bisa mengembangkannya demi memudahkan siswa memahami konsep fisika lainnya. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pimpinan pondok pesantren, dan berharap kegiatan semacam ini memiliki keberlanjutan di masa yang akan datang. Kata kunci: Eksperimen; Rangkaian Listrik; Tinkercad

Published

2021-12-15

Issue

Section

Articles