BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU BAHASA INGGRIS DI KABUPATEN BIMA

Authors

  • Kamaludin Yusra Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram
  • Yuni Budi Lestari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram
  • Ni Wayan Mira Susanti Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram

Abstract

Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru-guru bahasa Inggris di Kabupaten Bima, memecahkan salah satu permasalahan utama yang dihadapi guru-guru bahasa Inggris dalam publikasi ilmiah, dan mengembangkan kerjasama antara Program Studi Bahasa Inggris dengan pemangku kepentingan terutama guru-guru bahasa Inggris di Kabupaten Bima. Dari survey awal pada guru-guru yang mengikuti pelatihan PLPG ditemukan bahwa kompetensi terendah bagi guru-guru adalah kompetensi profesional dimana mayoritas guru berkeinginan menulis karya ilmiah tetapi tidak mengetahui tata caranya dan tidak memiliki keterampilan yang memadai. Kegiatan yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah bimbingan teknis penulisan karya ilmiah 48 JPL kepada 72 orang guru bahasa Inggris SMP di Kabupaten Bima yang direkrut atas kerja sama dengan Dikbudpora Kabupaten Bima dan MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Bima. Kegiatan dilaksanakan dengan pola integrasi dengan sistem pengenalan teori dan konsep diintegrasikan dengan latihan terbimbing dan latihan mandiri serta publikasi dalam jurnal lokal. Luaran kegiatan ini adalah karya ilmiah berbentuk artikel yang ditulis oleh peserta dan diusulkan untuk diterbitkan dalam jurnal nasional tidak terakreditasi. Kata kunci: karya ilmiah; pelatihan guru; kompetensi professional

Published

2021-12-16

Issue

Section

Articles