PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Agus Ramdani Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram
  • A. Wahab Jufri Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram
  • Jamaluddin Jamaluddin Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram

Abstract

Kemampuan guru dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) masih perlu ditingkatkan, terbukti dengan masih jarangnya guru menggunakan media pembelajaran berbasis komputer di kelas. Selain itu permasalahan lain yang dihadapi oleh siswa di Indonesia adalah rendahnya literasi sains. Peningkatan literasi sains dapat dilakukan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai yang bercirikan memberikan kebebasan kepada siswa, memfasilitasi pengembangan kemampuan dan keterampilan siswa serta melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien. Oleh karenanya, perlu diadakan suatu kegiatan dalam bentuk pelatihan untuk menambah pengetahuan/wawasan dan keterampilan guru tentang TIK. Pelatihan yang diberikan diharapkan dapat diaplikasikan guru dalam penggunaan media teknologi informasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan kondisi yang terjadi sekarang terdapat beberapa masalah yang dapat diatasi pada kegiatan ini, antara lain pemanfaatan penggunaan smartphone oleh guru dan peserta didik masih sebatas pada alat komunikasi dan hiburan, padahal dapat dioptimalkan penggunaannya sebagai media pembelajaran berbasis android. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagodik guru dan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang interaktif serta dapat meningkatkan literasi sains siswa. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, demonstrasi, diskusi dan praktik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket mengenai persepsi peserta terhadap pelaksanaan pelatihan. Indikator keberhasilan pelatihan ini meliputi tingkat pembelajaran, tingkat perilaku, tingkat reaksi dan tingkat hasil. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data keseluruhan indikator adalah peserta setuju bahwa pelaksanaan pelatihan telah berjalan dengan baik, dimana sebagian besar peserta berpandangan bahwa pelaksanaan pelatihan telah memberikan manfaat yang mendalam dan sangat membantu dalam peningkatan kualitas diri peserta. Peserta juga menginginkan perlu adanya kegiatan lebih lanjut terkait dengan cara mengembangkan media pembelajaran berbasis android. Kata Kunci :Kompetensi Guru; Media Pembelajaran; Android 

Published

2021-12-15

Issue

Section

Articles