PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENGEMBANGKAN RPP BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA GURU-GURU SDN 44 MATARAM

Authors

  • Khairun Nisa Program Studi PGSD FKIP University of Mataram, Mataram
  • I Nyoman Karma Program Studi PGSD FKIP University of Mataram, Mataram
  • I Nyoman Karma Program Studi PGSD FKIP University of Mataram, Mataram
  • Nurhasanah Nurhasanah Program Studi PGSD FKIP University of Mataram, Mataram
  • Anindita SHM Kusuma Program Studi PGSD FKIP University of Mataram, Mataram

Abstract

Kegiatan Pembelajaran dirancang dengan tujuan untuk memberikan Pengalaman belajar supaya terjadi interaksi antara siswa denagn guru, siswa dengan siswa serta siswa dengan lingkungan terdekatnya, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memeiliki peran yang sangat penting sebagai panduan guru dalam pelaksanaan pembelajaran untuk tecapainya tujuan pembelajaran. Dalam merancang RPP guru juga harus berorientasi pada pengembangan Penguatan Pendidika Karakter (PPK) sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kurikulum 2013 untuk mengantarkan siswa pada keterampilan abad 21, untuk mencapai hal tersebut diatas sangat penting kiranya  mengintegrasikan Kearifan lokal kedalam RPP karena dengan memperkenalkan nilai-nilai budaya pada siswa sangat membantu dalam membentuk penguatan karakter siswa dan membuat pembelajaran lebih bermakna dan kontekstual, khusunya pada siswa tingkat Sekolah dasar. Selama ini guru-guru belum pernah mengembangkan RPP berbasis kearifan lokal masyarakat sehingga peserta didik kurang paham tentang potensi budaya yang ada di masyarakat.  Kegiatan pelatihan pengembangan RPP berbasis kearifan lokal ini dimaksudkan untuk membekali guru SDN 44 Mataram  berupa ketrampilan dan pengetahuan tentang pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis kearifan lokal dengan harapan setelah pelatihan ini guru dapat menyiapkan RPP berbasis kearifan lokal dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya serta kearifan lokal masyarakat, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode ceramah, Tanya jawab, diskusi, demontrasi tutorial dan pelatihan. berdasarkan hasil wawancara dan hasil refleksi setelah kegiatan pelatihan terlihat  guru merasa antusias mengikuti kegiatan pengabdian ini yang ditunjukkan dengan keaktifan mereka dalam mengikuti pelatihan dan mereka merasa bahwa dengan dilakukan pelatihan ini memberikan guru-guru pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan RPP berbasis kearifan lokal, semua guru mengatakan kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat dan mereka berharap untuk terus dilakukan pelatiha-pelatihan sejenis untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SD dalam merancang RPP yang berkualitas.Keywords: RPP; Kearifan lokal

Published

2021-12-15

Issue

Section

Articles