SOSIALISASI PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU PPKN MADRASAH TSANAWIYAH SE KOTA MATARAM

Authors

  • Mohammad Ismail Program Studi PPKn, FKIP University of Mataram, Mataram
  • Edy Herianto Program Studi PPKn, FKIP University of Mataram, Mataram
  • Lalu Sumardi Program Studi PPKn, FKIP University of Mataram, Mataram
  • Basariah Basariah Program Studi PPKn, FKIP University of Mataram, Mataram

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan kondisi pandemi covid 19 saat ini yang sedang melanda berbagai tempat khususnya di Kota Mataram. Pembelajaran daring menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam memperoleh ilmu dari pendidik. Dalam proses pembelajaran tentunya yang dituntut tidak hanya kemampuan pengetahuan peserta didik, akan tetapi kemampuan sikap dan keterampilan juga harus dapat terpenuhi meskipun melalui pembelajaran daring sebagaimana tujuan dari pembelajaran saat tatap muka langsung. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para guru di sekolah mitra tentang pembelajaran daring pada masa pandemi saat ini. Selain itu, guru memiliki konsep pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pembelajaran secaraa holistik sehingga hak siswa dapat terpenuhi sebagaimana mestinya. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian ini adalah melakukan serangkaian kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembelajaran daring. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 20 guru PPKn di Madrasah Tsanawiyah se Kota Mataram sebagai peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa seluruh tahapan kegiatan berjalan dengan baik dan telah terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam penerapan pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor sebelum sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan google classroom masih belum maksimal karena beberapa kendala terutama pengoperasian aplikasi tersebut sebesar 75% dari peserta. Namun setelah pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan, pemilihan aplikasi google classroom untuk pembelajaran selama pandemi ini paling banyak memilih dan sudah tidak mengalami kesulitan dalam mengoperasikan google classroom mendapat jawaban sebesar 80%. Perubahan positif ini menjadi jawaban atas permasalahan guru dalam mengembangkan pembelajaran daring di sekolah. Keywords : Pembelajaran daring; Guru PPKn madrasah tsanawiyah

Published

2021-12-15

Issue

Section

Articles