INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH BAGI GURU-GURU IPS DI SMA 1 LINGSAR LOMBOK BARAT
Authors
Hairil Wadi
Pendidikan Sosiologi, FKIP University of Mataram, Mataram
Ni Made Novi Suryanti
Pendidikan Sosiologi, FKIP University of Mataram, Mataram
Sukardi Sukardi
Pendidikan Sosiologi, FKIP University of Mataram, Mataram
Deni Sutisna
Pendidikan Sosiologi, FKIP University of Mataram, Mataram
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat kemitraan ini, dilatarbelakangi tuntutan profesional agar guru mampu mengembangkan bahan ajar secara mandiri yang mengarah pada kegiatan siswa mengalami sendiri atau ilmiah. Namun realitanya guru belum siap termasuk guru-guru IPS. Oleh karena itu perlu solusi melalui workshop perancangan inovasi bahan ajar berbasis Scientific Approach.Tujuan pengabdian kepada masyarakat kemitraan ini untuk meningkatkan kemampuan guru-guru IPS SMAN 1 Lingsar dalam merancang bahan ajar IPS berbasis Scientific Approach. Inovasi bahan ajar berbasis Scientific Approach yang dimaksudkan adalah guru-guru IPS merancang bahan ajar yang kegiatan pembelajaranya mengarahkan siswa pada kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Sedangkan manfaat Pengabdian kepada masyarakat kemitraan ini memberikan pengetahuan sekaligus pemahaman kepada guru-guru dalam meningkatkan kualitas profesionalitas dan pembelajaran. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat kemitraan ini, yaitu ekpositori, diskusi kelas, unjuk kerja, dan presentasi. Hasil kegiatan diantaranya 1) Penyampaian materi yang melibatkan dua orang dosen sebagai narasumber dan 21 orang peserta diantaranya 13 orang guru rumpun bidang IPS seperti Geografi, Sosiologi, Ekonomi, Sosiologi, PPKn, dan 8 orang mahasiswa yang sedang Praktik Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP) dari FKIP UNRAM 2) Merancang bahan ajar berbasis Scientific Approach diawali tahapan perencanaan yaitu melakukan kegiatan identifikasi Kompetensi Dasar, Indikator pencapaian kompetensi (IPK), materi pokok, kegiatan pembelajaran dan produk bahan ajar, yang dilustrasikan melalui bagan mekanisme penyusunan bahan ajar, kemudian draft bahan ajar berbasis Scientific Approach. Pada tahapan pelaksanaan dan evaluasi perancangan akan direncanakan pelaksanaannya pada pengabdian kepada masyarakat kemitraan pada tahun berikutnya Keywords : Bahan ajar; Scientific; inovatif, IPS