PENDAMPINGAN PENGAMATAN KROMOSOM-X GRYLLUS BIMACULATUS PADA GURU-GURU BIOLOGI DI LOMBOK BARAT

Authors

  • I Gde Mertha Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP University of Mataram, Mataram
  • Ahmad Raksun Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP University of Mataram, Mataram
  • Syamsul Bahri Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP University of Mataram, Mataram
  • I Wayan Merta Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP University of Mataram, Mataram
  • A.A. Sukarso Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP University of Mataram, Mataram

Abstract

Kromosom-X memiliki peranan penting pada materi genetika. Pada umumnya kromosom-X (gonosom) dan kromosom tubuh (autosom) menunjukkan tampilan yang relatif sama, sehingga sulit dibedakan pada sebaran metafese dibawah mikroskop cahaya, keculai jika dilakukan pemetaan menjadi karyotipe. Oleh sebab itu pengamatan sebaran komosom dibawah mikroskop pada saat praktikum tidak langsung dapat mengidentifikasi komosom-X. Gryllus bimaculatus memiliki genom yang khas karena salah satu kromosom memiliki ukuran yang sangat panjang. Kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan terhadap guru-guru mitra yang tergabung dalam MGMP Biologi Kabupaten Lombok Barat bertempat di SMA Negeri 1 Labuapi. Tujuan kegiatan pengabdian adalah memberikan praktik preparasi sel-sel induk sperma testis Gryllus bimaculatus menjadi preparat squash dan pendampingan pengamatan kromosom-X dibawah mikroskop cahaya. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab dan unjuk kerja dalam bentuk praktikum. Kegiatan prakik mencakup aktivitas, yaitu (1) Teknik pengambilan testis untuk isolasi sel-sel induk sperma Gryllus bimaculatus, (2) Preparasi sel induk sperma menjadi preparat semi permanen dengan teknik squash, (3) Pengamatan membandingkan komosom-X dengan autosom dibawah mikroskop cahaya, dan (4) Determinasi struktur morfologi kromosom-X (panjang lengan, letak sentromer, bentuk kromosom, dan sebaran heterokromatin pada lengan kromosom) dibawah mikroskop cahaya. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan (1) Guru mitra mendapat keterampilan dan bimbingan berharga dalam isolasi sel induk sperma testis dan preparasi menjadi preparat squash untuk pengamatan kromosom-X, membandingkan kromosom-X (gonosom) dengan komosom tubuh (autosom), dan pengamatan ciri morfologi serta struktur kromosom-X, (2) Berkat antusias yang tinggi dan keseriusan guru mitra, kegiatan pelatihan ini menghasilkan produk preparat squash yang baik untuk pengamatan kromosom-X, dan (3) Produk pelatihan yang dihasilkan dapat menjadi preparat model yang mudah untuk identifikasi kromosom-X pada kegiatan pembelajaran berbasis praktikum di sekolah dalam menunjang  materi genetika. Keywords : kromosom-X; Gryllus bimaculatus; sex linkage

Published

2021-12-15

Issue

Section

Articles