PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PADA KELOMPOK PETANI TERNAK SAPI “INGIN MAJU” DI DUSUN MEDAS DESA GUNUNGSARI LOMBOK BARAT

Burhanudin Burhanudin, Sri Darwini, Santi Nururly, Laela Wardan

Abstract


Kelompok Petani Ternak Sapi “Ingin Maju” di Dusun Medas Desa Gunungsari Lombok Barat selama ini dalam kegiatan usahanya masih bersifat tradisional dan belum berorientasi pasar. Banyak potensi ide kreatif yang dapat memberikan nilai tambah secara ekonomis dalam menjalankan usaha belum tergali secara optimal. Dengan adanya kegiatan pelatihan kewirausahaan ini diharapkan dapat mendorong semangat para kelompok petani peternak sapi untuk menggali ide-ide usaha kreatif dan inovatif.

Metode yang digunakan berupa metode pelatihan, dengan materi pelatihan yang diberikan meliputi kepribadian wirausaha, membangun motivasi sukses, revolusi sikap menjadi entrepreneur, manajemen produk dengan ide kreatif mengetahui cara pembibitan dan penanaman lamtoro sebagai sumber pakan sapi potensial, analisis keuangan untuk pengambilan keputusan serta sistem pemasaran sapi yang berorientasi kepada pasar. Teknik penyampaian menggunakan teknik ceramah, tanya jawab. dan peragaan. Teknik  ceramah digunakan berkenaan dengan penyampaian materi pelatihan. Sedangkan teknik  Tanya jawab digunakan untuk menggali segala permasalahan yang dihadapi para anggota Kelompok Petani Ternak “Ingin Maju” Dusun Medas Desa Gunungsari berkaitan dengan pengaplikasian nilai-nilai kewirausahaan dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan solusi pemecahannya. Selanjutnya dilakukan peragaan cara pembibitan dan penanaman Lamtoro sebagai sumber pakan sapi potensial.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Aula Kelompok Petani Ternak Sapi “Ingin Maju” di Dusun Medas Desa Gunungsari Lombok Barat  pada hari Sabtu tanggal 31 Juli 2021. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta faham tentang materi peletihan yang disampaikan, dilanjutkan dengan tanya jawab tentang permasalahan usaha ternak sapi serta solusi atas permasalahan yang dihadapi.

Melalui kegiatan pengabdian ini peserta mampu memahami konsep dasar kewirausahaan, mampu melakukan pembibitan dan penanaman Lamtoro,  mampu menganalisis keuangan pada Usaha Peternakan Sapi, serta mampu memasarkan sapi yang berorientasi kepada pasar. Mengingat kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi Kelompok Petani Ternak Sapi “Ingin Maju” di Dusun Medas Desa Gunungsari Lombok Barat, maka perlu ada upaya lanjutan dalam bentuk pendampingan dalam berwirausaha, seperti manajemen usaha, teknis berusaha maupun bantuan modal kerja.

 

Keywords : Pelatihan; Kewirausahaan; lamtoro; Analisis Keuangan; Sistem Pemasaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding PEPADU Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

(E-ISSN: 2715-5811)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram

Jalan Pendidikan No. 37 Mataram