PENGENALAN SOCIAL MEDIA PROMOTION PRODUK TEH KELOR DI CV TRI UTAMI JAYA

Authors

  • Anisya Alistasya Program Studi ITP, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri University of Mataram, Mataram
  • Baiq Maydina Luqyana A Program Studi ITP, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri University of Mataram, Mataram
  • Eva Aurora Widiantari Program Studi ITP, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri University of Mataram, Mataram
  • Yesi Hafsari Program Studi ITP, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri University of Mataram, Mataram
  • Yulianida Tamala Program Studi ITP, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri University of Mataram, Mataram
  • Siska Cicilia Program Studi ITP, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri University of Mataram, Mataram

Abstract

CV. Tri Utami Jaya adalah salah satu UMKM di Mataram, NTB yang memproduksi teh kelor dengan merk Teh Moringa SaSaMbodoM. Target pemasaran UMKM ini bukan hanya pasar lokal, namun juga nasional dan internasional. Pemasaran produk teh kelor yang dilakukan menggunakan 4 metode yaitu special promotion, social media promotion, personal selling, dan word of mouth. Adapun metode pemesanan produk CV. Tri Utami Jaya dapat dilakukan secara langsung dan online. Social media promotion sudah dilakukan sejak lama tetapi belum dikelola dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pengenalan dan pengelolaan social media promotion. Kegiatan diawali dengan membuat akun social media seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp untuk mempromosikan produk ke masyarakat luas serta menyediakan catalog secara online untuk mempermudah pemesanan. Untuk promosi, deskripsi produk diunggah ke feed, story, dsb. dan dibuat semenarik mungkin hingga masyarakat tertarik membeli. Dengan adanya kegiatan ini, Teh Moringa SaSaMbodoM semakin banyak dikenal masyarakat sehingga volume penjualan meningkat. Diperlukan pengelolaan social media yang baik agar pemasaran produk memiliki wilayah pemasaran yang luas. Keywords : CV. Tri Utami Jaya; social media promotion; teh kelor

Published

2021-12-15

Issue

Section

Articles