UJI PREFERENSI INANG HAMA Spodoptera frugiperda PADA BEBERAPA TANAMAN PANGAN

Authors

  • Desi Apriani Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Bambang Supeno Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Hery Haryanto Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram

Keywords:

Paprika, Trichoderma sp., Sclerotium rolfsii, Fusarium solani

Abstract

Hama Ulat Grayak Jagung (UGJ), Spodoptera frugiperda merupakan salah satu hama baru masuk di Indonesia awal tahun 2019. Hama tersebut dalam hitungan bulan telah menyebar diseluruh daerah di Indonesia, tidak terkecuali di Pulau Lombok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat preferensi hama Spodoptera frugiperda pada beberapa tanaman pangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dengan percobaan rumah kaca pada bulan Juli hingga September 2020. Percobaan dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari tiga perlakuan. Setiap perlakuan diulang sebanyak enam kali. Perlakuan yang digunakan  adalah Padi, Jagung dan Kedelai (PAJALE). dengan 3 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan yang digunakan yaitu Jagung, padi dan kedelai. Hasil penelitian menunjukkan hama Spodoptera frugiperda lebih menyukai tanaman jagung dibandingkan tanaman kedelai dan padi. Rata-rata populasi Spodoptera frugiperda pada tanaman jagung (4,47 individu/tanaman) lebih tinggi dibandingkan kedelai (2,67 individu/tanaman) dan padi (1,07 individu/tanaman). Intensitas kerusakan tertinggi ditunjukkan pada tanaman Jagung 64,97%  dan secara berurutan terjadi pada Kedelai 37,13%  Padi 15,26%.

References

BPS Propinsi NTB. Produksi Tanaman Jagung Dalam Angka Tahun 2017-2019. Nusa Tenggara Barat. Badan Pusat Statistik.

Elisa, N. 2013. Ekologi Serangga. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Hedrival, L. dan Hayu R. 2013. Perkembangan Spodoptera litura F (Lepidoptera: Noctuidae) pada Kedelai. J. floratek. 8:88-100.

Lihanto, S.S.T. 2019. Pengenalan Fall Armyworm (FAW) Ulat Grayak. Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Kulonprogo. UPT Penyuluh Pertanian Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Wates.

Nonci, N., Muis A., Kalqutny H.S,. 2019. Pengenalan Fall Army Warm Hama Baru Pada Tanaman Jagung di Indonesia. Balai Penelitian Tanaman Sereali :Maros.

Untung, K. 2006. Pengantar Pengelolaan Hama Terpadu (Edisi Kedua). UGM Press. Yogyakarta.

Yani, M., Vira, K. D., Lindung, T. P., Lilian, R., Yusup, H., dan Danar, D. 2019 Cases of Fall Army

Worm Spodoptera frugiperda J.E. Smith (Lepidoptera: Noctuidae) Attack on Maize in Bandung,

Garut and Sumedang District, West Java. Jurnal Cropsaver 2019, 2 (1): 38-46.

Published

2021-02-08

Issue

Section

Articles