PENINGKATAN EFISIENSI KONVERSI ENERGI MESIN TERMOAKUSTIK

Authors

  • Nurpatria Nurpatria Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • I Gede Bawa Susana Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • I Wayan Joniarta Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Nurchayati Nurchayati Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Hedry Sakke Tira Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mataram

Keywords:

Minyak Kelapa Sawit (CPO), black campaign, Peramalan harga, Metode time series, MSE (Mean Square Error)

Abstract

Status ekonomi penduduk lansia memberikan gambaran mengenai keadaan ekonomi lansia menurut pengeluaran perkapita dalam rumah tangga lansia. Sebagian besar penduduk lansia di Provinsi Nusa Tenggara Barat berada dalam rumah tangga dengan 40 persen ekonomi terbawah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan bahwa kemampuan membaca dan menulis, status perkawinan dan status bekerja sebagai determinan yang mempengaruhi status ekonomi penduduk lanjut usia. Sumber data yang digunakan berasal dari Badan Pusat Statistik NTB dan Sakernas. Untuk menganalisis pengaruh kemampuan membaca dan menulis, status perkawinan, dan status bekerja terhadap status ekonomi penduduk lansia di Provinsi Nusa Tenggara Barat digunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan model regresi data panel. Hasil pengujian hipotesis berdasarkan rekomendasi fixed effect model menunjukkan bahwa variabel status kawin yang berpengaruh signifikan. Sedangkan kemampuan membaca dan menulis, dan variabel status bekerja tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap status ekonomi lansia dengan 40 persen ekonomi terbawah di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Koefisien determinasi (R2) sebesar 98,93 persen yang bermakna bahwa kemampuan membaca dan menulis, status kawin, dan status bekerja mampu menjelaskan variabel status ekonomi lansia dengan 40 persen ekonomi terbawah, sedangkan 1,07 persen dijelaskan oleh variabel diluar model antara lain angka kesakitan, dan jaminan hari tua.

References

Assauri , S. 1984. Teknik dan Model Peramalan, Penerapannya dalam Ekonomi dan Dunia Usaha. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia: Jakarta.

Austin K.G., A. Mosnier, dkk. 2017. Shifting Patterns of Oil Palm Driven Deforestation in Indonesia And Implications For Zero-Deforestation Commitments. Lan Use Policy. Vol. 69 (41-48).

Diphayana,Wahono. Perdagangan Internasional. 2018. Budi Utama: Yogyakarta.

Hamidah, Siti Nur dan Nur Salam, Dewi Sri Susanti. 2017. Teknik Peramalan Menggunakan Metode Pemulusan Eksponensial Holt-Winters. Jurnal Matematika Murni dan Terapan “epsilon”. Vol. 7. No. 2.

Hanke, J.E. dan Wichern, D.W.(2005).Business Forecasting Eight Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Heizer, J. dan B. Render. 2006. Manajemen Operasi (Terjemahan). Salemba Empat : Jakarta.

Hudiyanti, Cinthia Vairra dan Fitra A. Bachtiar, Budi Darma Setiawan. 2019. Perbandingan Double Moving Average dan Double Exponential Smoothing untuk Peramalan Jumlah Kedatangan Wisatawan Mancanegara di Bandara Ngurah Rai. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 3. No. 3.

www.kbbi.web.id diakses pada tanggal 26 Februari 2020 Pukul 10.29 Wita

Kementerian Perdagangan. Harga Bursa Komoditi Kelapa Sawit (Forward-Futures-Spot). Jakarta: Sekretariat Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. http://bappebti.go.id/harga_komoditi_bursa diakses pada tanggal 12 Mei 2020 Pukul 06.06 Wita

Megasari, Ries Tri dan Iwa Sungkawa. 2011.Penerapan Ukuran Ketepatan Nilai Ramalan Data Deret Waktu dalam Seleksi Model Peramalan Volume Penjualan PT Satriamandiri Citramulia. ComTecs. Vol. 2. No. 2.

Putri, Marsha Dewi. 2013. Analisis Dampak Black Campaign Minyak Kelapa Sawit (CPO) Terhadap Volume Ekspor CPO Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pembangunan. Vol.1 No. 5.

Raharja, Alda., Anggraeni, Wiwik., & Aulia

Published

2021-02-09

Issue

Section

Articles