KAPASITAS PEREMPUAN PENGOLAH HASIL PERTANIAN BERBASIS KEDELAI DALAM MENDUKUNG DIVERSIFIKASI PANGAN RUMAH TANGGA DI KOTA MATARAM

Authors

  • Hayati Hayati Jurusan Sosek Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Arifuddin Sahidu Jurusan Sosek Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Muktasam Muktasam Jurusan Sosek Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Johan Bachri Jurusan Sosek Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mataram

Keywords:

Minyak Kelapa Sawit (CPO), black campaign, Peramalan harga, Metode time series, MSE (Mean Square Error)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bagaimana kapasitas perempuan pengolah hasil pertanian berbasis kedelai dalam mendukung diversifikasi pangan rumah tangga di Kota Mataram, serta bagaimana hubungannya dengan dukungan penyuluhan dan pemerintah. Tiga kecamatan yaitu Sandubaya, Sekarbela, dan Selaparang adalah lokasi pengambilan data dengan metode penelitian survei. Wawancara dilakukan terhadap 60 responden, kemudian data dianalisis dengan statistik deskriptif, statistik inferensial korelasi pearson, dan uji beda Anova. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perempuan pengolah hasil pertanian berbasis kedelai di Kota Mataram memiliki kapasitas diri yang tergolong tinggi dan kapasitas usaha tergolong sangat tinggi. Tinggiya dukungan penyuluhan dan dukungan pemerintah berhubungan positif dengan kapasitas diri dan usaha. Maka, keberadaan penyuluh dan dukungan pemerintah masih sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas dan keberlanjutan usaha perempuan pengolah hasil pertanian berbasis kedelai.

References

Assauri , S. 1984. Teknik dan Model Peramalan, Penerapannya dalam Ekonomi dan Dunia Usaha. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia: Jakarta.

Austin K.G., A. Mosnier, dkk. 2017. Shifting Patterns of Oil Palm Driven Deforestation in Indonesia And Implications For Zero-Deforestation Commitments. Lan Use Policy. Vol. 69 (41-48).

Diphayana,Wahono. Perdagangan Internasional. 2018. Budi Utama: Yogyakarta.

Hamidah, Siti Nur dan Nur Salam, Dewi Sri Susanti. 2017. Teknik Peramalan Menggunakan Metode Pemulusan Eksponensial Holt-Winters. Jurnal Matematika Murni dan Terapan “epsilon”. Vol. 7. No. 2.

Hanke, J.E. dan Wichern, D.W.(2005).Business Forecasting Eight Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Heizer, J. dan B. Render. 2006. Manajemen Operasi (Terjemahan). Salemba Empat : Jakarta.

Hudiyanti, Cinthia Vairra dan Fitra A. Bachtiar, Budi Darma Setiawan. 2019. Perbandingan Double Moving Average dan Double Exponential Smoothing untuk Peramalan Jumlah Kedatangan Wisatawan Mancanegara di Bandara Ngurah Rai. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 3. No. 3.

www.kbbi.web.id diakses pada tanggal 26 Februari 2020 Pukul 10.29 Wita

Kementerian Perdagangan. Harga Bursa Komoditi Kelapa Sawit (Forward-Futures-Spot). Jakarta: Sekretariat Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. http://bappebti.go.id/harga_komoditi_bursa diakses pada tanggal 12 Mei 2020 Pukul 06.06 Wita

Megasari, Ries Tri dan Iwa Sungkawa. 2011.Penerapan Ukuran Ketepatan Nilai Ramalan Data Deret Waktu dalam Seleksi Model Peramalan Volume Penjualan PT Satriamandiri Citramulia. ComTecs. Vol. 2. No. 2.

Putri, Marsha Dewi. 2013. Analisis Dampak Black Campaign Minyak Kelapa Sawit (CPO) Terhadap Volume Ekspor CPO Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pembangunan. Vol.1 No. 5.

Raharja, Alda., Anggraeni, Wiwik., & Aulia Vinarti, Retno.(2010).Penerapan Metode Exponential Smoothing Untuk Peramalan Penggunaan Waktu Telepon Di PT. Telkomsel Divre3 Surabaya.Jurnal Sistem Informasi SISFO, pp. 1-9.

Salvatore, D. 1997. Ekonomi Internasional.Edisi Kelima. Penerjemah Haris Munandar. Jakarta (ID) : Erlangga.

Santoso, Singgih.(2009).Business Forecasting Metode Peramalan Bisnis Masa Kini dengan Minitab dan SPSS.Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sinaga, Hommy D. E. dan Novica Irawati. 2018. Perbandingan Double Moving Average dengan Double Exponential Smoothing pada Peramalan Bahan Medis Habis Pakai. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. Vol. 4. No.2.

Sugiarto dan Harjadi. 2000. Peramalan Bisnis. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Widodo, David dan Seng Hasun. 2015. Implementasi Simple Moving Average dan Exponential Moving Average dalam Menentukan Tren Harga Saham Perusahaan. Ultimatics. Vol. 7. No. 2.

Wulansari, Eka, Edy Yulianto dan Edriana Pengestuti. Pengaruh Jumlah Produksi, Harga Internasional, Nilai Tukar dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Tingkat Daya Saing Ekspor Kelapa Sawit Indonesia (Studi pada tahun 2009-2013). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.39 No.2.

Yonanda, Anita Dio & Suhadak. 2019. Pengaruh Black Campaign Kelapa Sawit Terhadap Harga Kelapa Sawit Dunia dan Ekspor Kelapa Sawit Indonesia (Studi pada Negara Belanda, Spanyol, Cina dan India Periode Agustus 2016-Oktober 2017). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 72. No. 2.

Zacky, Akhmad. 2007. Skripsi: Peramalan dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Fluktuasi Harga Beras IR II Tingkat Konsumen di Beberapa Kota Besar di Pulau Jawa dan Bali (Kasus pengendalian harga beras pada badan ketahanan pangan nasional). Institut Pertanian Bogor: Bogor.

Published

2021-02-09

Issue

Section

Articles