PEMODELAN PORTOFOLIO BERBASIS NAÏVE DIVERSIFICATION PADA INDEKS SEKTORAL DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Muttaqillah Muttaqillah Jurusan Manajemen, Universitas Mataram, Indonesia
  • Baiq Nurul Suryawati Jurusan Manajemen, Universitas Mataram, Indonesia
  • Laila Wardani Jurusan Manajemen, Universitas Mataram, Indonesia
  • Iwan Kusmayadi Jurusan Manajemen, Universitas Mataram, Indonesia

Keywords:

Ayam Kampung Unggul, Skala Usaha, Pendapatan Usaha, Efisiensi, Rentabilitas

Abstract

Bermula dari penelitian yang dilakukan Markowitz, upaya untuk mencari kombinasi yang tepat dalam menggabungkan saham untuk memperoleh return yang optimal turut mengalami perkembangan. Kompleksnya model Markowitz dan model lainnya menunjukkan bahwa didalam aplikasi praktis, sangat sulit melakukan hal tersebut tanpa bantuan komputasi. Ketergantungan akan komputasi dan formulasi lainnya menyebabkan minimnya kajian fundamental dapat disejajarkan dengan pilihan investasi tersebut. Penelitian ini menerapkan pembentukan portofolio berdasarkan simplifikasi model, yaitu naïve diversification.  Kemudahan dan kepraktisan dalam pembuatan portofolio ini selanjutnya ditujukan sebagai kajian tambahan dan pembanding dari pembentukan portofolio lainnya yang lebih kompleks.

References

Candra, S., H.D. Utami, B. Hartono. 2012. Analisis Ekonomi Usaha Ayam Petelur Cv. Santoso Farm Di Desa Kerjen Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar (Economic Analysis Of Layer At CV. “Santoso Farm” In Kerjen Village Srengat Subdistrict Blitar Regency) dalam https://fapet.ub.ac.id/wp-content/uploads/2014/01/

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian. 2018. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2018.

Kadarsan, H.W. 1995. Keuangan Pertanian dan Pembiayaan Perusahaan Agribisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Khlis, S. dan M. Sitanggang.2002. Ayam Arab dan Poncin Petelur Unggul. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Pambudhi. 2003. Beternak Ayam Arab Merah si Tukang Bertelur. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Soekardono. 2009. Ekonomi Agribisnis Peternakan: Teori dan Aplikasinya. Akademika Pressindo, Jakarta.

Syafril dan I.D. Yanti. 2006. Kajian Keuntungan Usaha Ayam Broiler Pola Kemitraan di Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Peternakan Indonesia 11 (2): 167-172.

Udjianto, A. 2018. Beternak Ayam Kampung Paling Unggul Pedaging dan Petelur KUB. Edisi Pertma, PT Agromedia, Jakarta Selatan.

Wibowo, B.P. 2019. Agribisnis Ayam Kampung Pedaging dan Petelur. Cetakan I, Penerbit: Agriflo, Cibubur-Jakarata Timur.

Yumna, M.H., A. Zakaria, dan V.M.A. Nurgiartiningsih. 2012. Kuantitas dan Kualitas Telur Ayam Arab (Gallus turcicus) Silver dan Gold. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan 23 (2): 19-24, Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Malang.

Published

2021-01-25

Issue

Section

Articles