PENGARUH PEMBERIAN MIKORIZA ARBUSKULAR, PUPUK UREA DAN PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH

Authors

  • I. Putu Silawibawa Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Ni Wayan Dwiani Dulur Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • R. Sutriono Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram

Keywords:

investasi, simplifikasi, indeks sektoral, pemodelan portofolio

Abstract

Kacang tanah adalah makanan pokok keempat setelah padi, jagung, dan kedelai. Hal ini disebabakan tingginya kandungan gizinya, antara lain kaya akan lemak nabati, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Kacang tanah memiliki nilai ekonomi yang tinggi, karena biji komoditi ini dapat dijadikan berbagai produk industri makanan, seperti bumbu pecel dan sate, roti, dan berbagai makanan olahan berbahan baku kacang tanah, seperti kacang asin, manjareal, kacang atom, dan kacang berbumbu lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian mikoriza arbuskular, pupuk Urea dan pupuk organik cair limbah tahu terhadap pertumbuhan dan produksi  kacang tanah. Penelitian ini dilaksanakan di lahan petani di Kecamatan Kediri menggunakan Rangcangan Acak Lengkap Kelompok yang terdiri atas 7 (tujuh) perlakuan yaitu P0: perlakuan dengan CMA, P1: perlakuan dengan CMA, Urea (5 g/m2) dan POC 1 l/m2, P2: perlakuan dengan CMA, Urea (5 g/m2) dan POC 1,5 l/m2, P3: perlakuan dengan CMA, Urea (5 g/m2) dan POC 2 l/m2, P4: perlakuan dengan CMA, Urea (10 g/m2) dan POC 1 l/m2, P5: perlakuan dengan CMA, Urea (10 g/m2) dan POC 1,5 l/m2, P6: perlakuan dengan CMA, Urea (10 g/m2) dan POC 2 l/m2. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 (tiga) kali sehingga diperoleh 21 petak percobaan Data hasil penelitian  dianalisa dengan Analisis of Variance (ANOVA) dan jika terdapat beda nyata  diuji lanjut dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ), keduanya dengan taraf nyata 5 persen Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan tidak berpengaruh terhadap ketersedian Nitrogen, dan Fosfor tanah, namun berpengaruh terhadap Serapan P, berat berangkasan kering dan produksi kacang tanah. Produksi kacang tanah tertinggi diperoleh pada perlakuan: mikoriza, 10 g Urea dan 1,5 liter pupuk organik cair limbah tahu per meter persegi, sebesar 1281,52 gram per meter persegi

References

Christiana, I., & Fadhila, N. (2018). Analisis Optimalisasi Portofolio Saham dengan Menggunakan Model Indeks Tunggal. Jurnal Riset Finansial Bisnis, 2(2), 51-60.

Hariasih, N. P., & Wirama, D. G. (2016). Analisis Perbedaan Return Portofolio Berdasarkan Model Indeks Tunggal dan Portofolio Random. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 2951-2976.

Istiqlaliyah, H. (2016). Analisis Preferensi Investor Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process. Nusantara of Engineering, 53-58.

Lestari, W., & Iramani, R. (2013). Persepsi Risiko dan Kecenderungan Risiko Investor Individu. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 78-88.

Mudjiyono. (2012). Investasi Dalam Saham & Obligasi dan Meminimimalisasi Risiko Sekuritas pada Pasar Modal Indonesia. Jurnal STIE Semarang, 1-18.

Putri, F., Bramanti, W. G., & Hakim, M. S. (2017). Pengaruh Faktor kepribadian terhadap Toleransi Risiko Keputusan Investasi Saham. Jurnal Sains dan Seni ITS, 7-11.

Septyato, D., Sudarwan, & Dewanto, I. J. (2016). Model Perilaku Syariah dalam Pengambilan Keputusan Investasi pada Investor Muslim di Bursa Efek Indonesia. Dinamika Global: Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal (pp. 425-437). jember: FEB-UNEJ.

Umam, N. K., Amalia, N., Alifah, N., Suffa, I., Aprilia, A., & Wahyudi, H. D. (2017). Analisis Investasi Penentuan Portofolio Optimal Dengan Metode Indeks Tunggal di Bursa Efek Indonesia (Studi Komparatif Penggunaan Random Model pada Jakarta Islamic Index periode 2012-2015). Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis , (pp. 600-613).

Witiastuti, R. S. (2012). Analisis Kinerja Portofolio: Pengujian Single Index Model dan Naive Diversification. Jurnal Dinamika Manajemen, 122-132.

Yoga, W. W., & Rikumahu, B. (2018). Prediksi Portofolio Optimal Menggunakan Model Markowitz dan Model Naive (Saham Yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Periode 2013-2017). E-Proceeding of Management, (pp. 1995-201)

Published

2021-01-25

Issue

Section

Articles