PENGARUH DAKTILITAS ASPAL MODIFIKASI GETAH PINUS DAN LIMBAH STYROFOAM TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL BETON

Authors

  • Ratna Yuniarti Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Hasyim Hasyim Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Rohani Rohani Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Desi Widianty Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mataram

Keywords:

minat belajar siswa, pembelajaran inovatif, validitas angket, kualitas pembelajaran

Abstract

Kerusakan perkerasan jalan sebelum tercapainya umur rencana antara lain disebabkan karena kualitas bahan perkerasan jalan yang digunakan tidak memenuhi ketentuan. Di samping itu, genangan air di musim penghujan mengakibatkan lepasnya ikatan antara aspal dan agregat sehingga mempercepat terjadinya kerusakan tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas aspal sebagai bahan perkerasan jalan adalah menggunakan aspal yang dimodifikasi getah pinus dan limbah styrofoam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sifat daktilitas aspal modifikasi getah pinus dan limbah styrofoam terhadap kinerja perkerasan. Pada penelitian ini, digunakan agregat bergradasi rapat sesuai standar Bina Marga. Agregat beserta aspal modifikasi getah pinus dan limbah styrofoam dicampur secara panas pada suhu 155oC. Pemadatan dilakukan dengan penumbuk Marshall sebanyak 75 kali pada kedua sisinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat daktilitas aspal modifikasi getah pinus dan limbah styrofoam berpengaruh sangat signifikan terhadap karakteristik campuran aspal beton. Penambahan getah pinus menurunkan nilai daktilitas aspal dan menghasilkan nilai Marshall immersion yang semakin tinggi. Nilai Marshall imersion yang lebih besar mengindikasikan bahwa hot mix asphalt tersebut lebih tahan terhadap rendaman air. Berdasarkan spesifikasi Bina Marga bahwa  nilai rongga di antara mineral agregat (VMA) minimal 15%, rongga dalam campuran (VIM) sebesar 3%-5%, rongga yang terselimuti aspal (VFB) minimal 65%, stabilitas Marshall minimal 1000 kg, flow antara 2-4 mm, dapat disimpulkan bahwa campuran perkerasan dengan aspal modifikasi getah pinus dan limbah styrofoam memenuhi standar yang berlaku

References

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Altun, E., Demirdag, B., Feyzioglu, B., Ates, A., & Cobanoglu, I. 2009. Developing an Interactive Virtual Chemistry Laboratory Enrich with Constructivist Learning Activities for Secondary School. Science Direct, I(1): 1895-98.

Nugroho, E.B.P., Budiasih, E., & Sukarianingsih, D. 2013. Pengembangan Buku

Woolnough, B., dan Allsop, T.,. 1985.Practical Work In Science. Cambridge: Cambridge University Press.

Arifin, M. 2005.Strategi Belajar Mengajar Kimia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Latifah,S.,S.Sugiharto dan Saputro,A.N.C. 2014.Studi Komparasi Penggunaan Praktikum dan Demonstrasi pada Metode Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Hidrolisis Garam Kelas XI Ilmu Alam SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.Jurnal Pendidikan Kimia.3(3): 111-120.

Umar N,. Parmin.,Wusqo I. 2016. Pengaruh Media Kartu Pintar Tumbuhan Berbasis Science Edutainment Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Tema Gerak Tumbuhan. Unnes Science Education Journal. ISSN 2502-6232.

Saregar, A. 2016. Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media PhET Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik : Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. ISSN 2503-023X

Wahyudin, Sutikno, Isa, A.(2010). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia . ISSN.1693-1246.

Putra, R,.Kusumo E,.Nurhayati S.2013. Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Dasar Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal UNESA. ISSN No. 2252-6609. Safari. 2003. Indikator Minat belajar.Jakarta:Rineka Cipta

Published

2021-01-25

Issue

Section

Articles