PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KIMIA KOMPUTASI PADA MATERI ASAM BASA

Authors

  • Dewi Yuli Maulida Arifani Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram.
  • Lalu Rudyat Telly Savalas Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram.
  • Agus Dwi Ananto Program Studi Farmasi, Fakultas Kedoteran, Universitas Mataram
  • Eka Junaidi Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram.
  • Saprizal Hadisaputra Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram.

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menentukan: (1) Validitas dari modul praktikum kimia berbasis kimia komputasi yang dikembangkan. (2) Kepraktisan dari modul praktikum kimia berbasis kimia komputasi yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (define, design, develop, and dissemination). Populasi dalam penelitian ini yaitu 67 orang mahasiswa program studi pendidikan kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram yang telah mengambil mata kuliah kimia komputasi. Sampel penelitian yaitu 57 mahasiswa yang diambil secara acak dan kemudian dijadikan responden untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan nilai validitas dari tiga orang validator yang diperoleh menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,6 yang menunjukkan bahwa modul praktikum kimia berbasis kimia komputasi pada materi asam basa telah valid dan layak digunakan. Sementara itu, kepraktisan dapat dilihat dari respon mahasiswa yang menunjukkan respon positif dengan rata-rata kepraktisan semua komponen sebesar 85% yang menunjukan bahwa modul praktikum kimia berbasis kimia komputasi pada materi asam basa sangat praktis untuk digunakan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia berbasis kimia komputasi pada materi asam basa yang dikembangkan bersifat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

References

1. Junaidi, E., Hadisaputra, S., dan Idrus, S. W. A., 2017. "Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Lombok Tengah". Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 2(1):101-111.
2. Junaidi, E., Hadisaputra, S., dan Idrus, S. W. A., 2018. "Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Lombok Barat". Jurnal Pijar Mipa. 13(1):24-31.
3. Djamarah, S. B. dan Zain, A., 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
4. Zainuddin, M, 2001. Praktikum. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka(PAU-PPAI-UT).
5. Sabaryati, J. dan Darmayanti, N. W. S., 2018. "Pengembangan Modul Praktikum Fisika Model Guide Inquiry Berbasis Computerized Experiment Tool (Cet) Untuk Pembentukan Karakter Ilmiah Siswa". ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 4(1): 43-46.
6. Hadisaputra, S., Savalas, L. R. T., dan Hamdiani, S., 2017. "Praktikum Kimia Berbasis Kimia Komputasi Untuk Sekolah Menengah Atas". Jurnal Pijar Mipa. 12(1):11-14.
7. Susanti, J., Enawaty, E., & Melati, H. A., 2018. Pengembangan penuntun praktikum kimia berbasis lingkungan pada materi asam basa kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(11):34-39.
8. Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., dan Siahaan, J., 2019. "Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA". Chemistry Education Practice. 1(2): 36-41.
9. Rustaman N., Soedjojo D., Siroso A.Y., Yusnani A., Ruchji S., Diana R. dan Mimin N.K., 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung:FMIPA UPI.
10. Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D). Bandung: Alfabeta Cv.

Published

2021-12-19

Issue

Section

Articles