IMPLEMENTASI RESTFUL API PADA SISTEM INFORMASI TRACER STUDY UNIVERSITAS MATARAM BERBASIS MOBILE

Authors

  • Moh. Ali Albar Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Sri Endang Anjarwani Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Budi Irmawati Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Nadiyasari Agitha Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Royana Afwani Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Mataram

Keywords:

ESDD, polusi, flashover

Abstract

Tracer Study merupakan suatu metode yang digunakan oleh beberapa perguruan tinggi, khususnya Universitas Mataram (Unram). Tracer Study berguna untuk memperoleh umpan balik dari alumni. Umpan balik tersebut dibutuhkan oleh perguruan tinggi untuk mengevaluasi dalam rangka pengembangan kualitas dan sistem pendidikan. Selain itu, umpan balik dapat dimanfaatkan untuk memetakan dunia industri dan usaha agar jeda menggangur saat setelah wisuda dengan bekerja dapat diperkecil. Seringkali Tracer Study dilakukan oleh perguruan tinggi hanya karena kebutuhan peningkatan akreditasi perguruan tinggi yang bersangkutan, sehingga dilaksanakan secara tidak rutin.Tracer Study di Unram selama ini dikelola oleh Bimbingan Konseling dan Pusat Pengembangan Karir Universitas Mataram (BKPK Unram). Penelitian ini fokus pada implementasi data yang berasal dari alumni yang telah mengisi kuesioner pada sistem informasi Tracer Study Universitas Mataram. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dalam bentuk Application Programming Interface (API) yang dikembangkan menggunakan Javascript Object Notation (JSON) sebagai standar format dalam komunikasi data dan JSON Web Token (JWT) sebagai kode otentikasi pengguna. API memudahkan pertukaran data dari database ke aplikasi yang akan mengakses data tersebut tanpa membuat database yang sama. Sementara Representational State Transfer (REST) merupakan salah satu gaya arsitektur dari pengembangan API yang menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dalam melakukan komunikasi data. Penelitian ini mengimplementasikan arsitektur RESTful API yang menggunakan metode HTTP untuk menerapkan konsep arsitektur REST. HTTP method yang digunakan pada penelitian ini adalah method GET yang digunakan untuk membaca sebuah record atau daftar record. Data API yang diperoleh pada penelitian ini antara lain data alumni, data kecocokan dengan program studi, data waktu tunggu pekerjaan, data metode belajar, data jenis pekerjaan, data cara mencari kerja, data sumber biaya, dan data input tiap prodi. Implementasi RESTful API ini dibuat dalam bentuk aplikasi android berbasis mobile menggunakan Bahasa pemrograman React Native.Teknik pengujiannya menggunakan metode black box dan kuesioner. Pengujian black box menyatakan bahwa fungsionalitas dari aplikasi ini berhasil mengimplementasikan webservice RESTful API berdasarkan database yang dimiliki oleh sistem informasi tracer study milik Universitas Mataram. Pengujian kuesioner menggunakan System Usability Scale (SUS) mendapatkan acceptability ranges, grade scale, dan adjective ratings berada pada rating 87,36 yang berarti acceptable (dapat diterima pengguna) dengan grade A yang memperoleh kisaran nilai yang excellent. Selain itu, aplikasi ini memudahkan pengguna dalam melihat data hasil rekapan tracer study dari alumni

References

Anwar, A. 2019. Pengaruh polutan tak larut terhadap ketahanan isolator. Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering (JJEEE), 1, 22–28.

Aprianto, A., & Syakur, A. 2008. Pengaruh Kelembaban dan Suhu Terhadap Karakteristik Arus Bocor pada Isolator Bahan Resin Epoksi dengan Pengisi Bahan Pasir Silika. Skripsi, 1–12.

Armansyah. 2021. Analisa Pengaruh Endapan Polutan Garam pada Isolator Terhadap Arus Bocor. Journal of Electrical Technology, 6(2).

Faiqoh, E., Nugroho, A., & Syakur, A. 2017. Pembuatan dan Analisis Pengaruh Kondisi Permukaan Terhadap Unjuk Kerja Isolator Polimer Resin Epoksi 20 kV Tipe Sirip Seragam dengan Variasi Tegangan Uji. Transient, 6(3), 388–395.

Ferdiansyah, D., Nainggolan, J. M., & Despa, D. 2016. Karakteristik Peluahan Sebagian (Partial Discharge) Pada Isolasi Epoksi Resin (Resin Epoxy) Dengan Metode Emisi Akustik. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 1, 1–6. http://journal. eng.unila.ac.id/index.php/jitet/article/view/531

Jumari, Sinaga, J., & Zega, S. 2020. Studi Pengaruh Kontaminasi Polusi Udara pada Isolator Tegangan Menengah 20 kV pada PT PLN ( Persero ) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan ( UP3 ) Medan. Jurnal Teknologi Energi Uda, 9, 31–43.

Santosa, D. H. 2017. Analisa Percepatan Umur Isolator Keramik Pada Saluran Distribusi 20 Kv Di Daerah Pesisir Pantai Akibat Kontaminan Udara. Tugas Akhir. Institut Teknologi Sepuluh November.

Suwarno, Darmawan, H. 2001. Studi Bentuk Gelombang Arus Bocor pada Isolator Keramik POS-PIN 20 kV dalam Berbagai Kondisi Lingkungan. Teknik Elektro, 7(1).

Syam, S., & Kurniati, S. 2012. Pengaruh Kabut Garam Terhadap Kinerja Isolator 20 kV Berbahan Polimer Resin Epoxy. Jurnal Media Elektro, 1(2).

Tobing, O. P. L. 2016. Pengaruh Kelembaban Terhadap Arus Bocor Isolator Piring Jenis Porselen Terpolusi Abu Vulkanik. Singuda ENSIKOM, 14(38), 7–12.

Wahrun, & Eri., S. 1999. Studi Pelapisan Isolator Keramik dengan Lapisan Senyawa Silikon untuk Mengatasi Masalah Akibat Kontaminasi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bahan ’99, Serpong, 20-21 Oktoher 1999.

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles