PEMODELAN INVERTER CATU DAYA GANDA DENGAN TEKNIK MODULASI LEBAR PULSA TERMODIFIKASI DENGAN TEGANGAN DC SAMA

Authors

  • I Ketut Wiryajati Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • I N Wahyu Satiawan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • I M Budi Suksmadana Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • I B Fery Citarsa Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Supriono Supriono Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Mataram

Keywords:

bahan baku, formula, kedele, pangan, produk.

Abstract

Harmonisa terjadi akibat adanya distorsi yang berlebihan pada jaringan atau sumber listrik. Tingkat harmonisa bersumber dari kasarnya pencacah pada sebuah piranti sumber daya. Harmonisa dapat menyebaban kerusakan pada piranti elektronika. Ambang batas  yang disyaratkan sesuai dengan IEEE-519 tahun 2014 adalah 5%. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah teknik modulasi Carrier Based  Pulse Widh Modulation ( CBPWM) pada inverter catu daya ganda. Tujuan untuk mengetahui  besarnya THD yang dihasilkan.  Teknik ini merupakan Teknik CBPWM dengan  modifikasi yang sederhana yan disebut dengan  Carier Based PWM Modified (CBPWM_M). dengan catu daya pada dua sisi . THD yang baik memiliki nilai yang rendah, demikian juga untuk Tegangan Mode Bersama (CMB) mengalami eleminasi. Validasi dari penelitian ini menggunakan perangkat lunak MATLAB, SIMULINK. Pengembangan dari Teknik modulasi ini diharapkan mendapatkan inverter dengan efisiensi tinggi

References

Atmaja, R. dan Mira Maryani, 2021. Analisis Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen Terhadap Penjualan Online Selama Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen dan Bisnis. Volume 4 No.2. Magister Manajemen Universitas Advent.

Badri, S. Prasetyo, J. Sugandiko, E., 2014. Analisis sensitivitas Harga Bahan Baku Impor Implikasinya terhadap Keberlanjutan Usaha Tahu-Tempe (Studi Empirik pada Industri Kecil Tahu-Tempe di Jatinom). Prosiding Industry Ingineenring National Conference IENACO. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ellyta Effendy, Muhammad Yusuf N , Romano, Safrida. 2019. Analisis Struktur Biaya Produksi dan Kesenjangan Pendapatan Petani Akibat Fkuktuasi Harga Minyak Nilam. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) ISSN: 2614-4670 (p), ISSN: 2598-8174 (e) Volume 3, Nomor 2 (2019): 360-374 https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.02.12

Farida, B., 2021. Kedelai Tembus Rp 1 juta, Pedagang Tahu Tempe di Mataram Menjerit. Lombok Post. 18/2/2021.

Handayani, 2015. Komponen dan Faktor Penentu Biaya untuk Penetapan Tarif Angkutan Kereta Api Barang. LP3M STIEBBANK. E B B A N K Vol. 6, No. 2, p. 87 - 98

Hartono, J., 2021. Pengusaha Tahu dan Tempe DKI Mogok Produksi Mulai Hari Ini. TEMPO.CO

Hendy Sannidhya, 2020. Tingkat Kesukaan Konsumen terhadap Tahu dengan Menggunakan Nagarin dan Cuka Sebagai Bahan Penggumpal. Repository.untag-sby.ac.id.

Ida Widaningrum, 2015. Teknologi Pembuatan Tahu Yang Ramah Lingkungan (Bebas Limbah). Jurnal Dedikasi 12, 2015. Ejournal.umm.ac.id.

Indriyani dan Frilia Esti Anggraeni, 2019. Komponen Penentu Biaya Dalam Penetapan Freight Cost di PT Global Marine Jakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Maritim. Volume 3 No.2 Saintara. Akademi Maritim Nusantara. Cilacap.

Kuncoro, Aei, 2020. Memahami Dampak Lockdown Bagi Perekonomian Indonesia. ui.ac.id

Livea, 2021.

Mahgiyani, 2017. Analisis Struktur Biaya Produksi dan Unit Cost Untuk Pengendalian Biaya (Studi Kasus UKM Shasa Yogyakarta). Journal Of Applied Management Accounting Vol. 1, No. 2, 2017, 208-215 ISSN: 2548-9917 (online version)

Melton, J dan AR Simon, 1993. Understanding The New SQL: A Complete Guide. Morgan Kaufmann Publishers. Sun Fransisco. California.

Nadya Fairuzya Utari dan STM Rois Fathoni, 2017. Analisis Keselamatan dan Kesehatan Untuk Pekerja di Pabrik Tahu Mojosongo. eprints.ums.ac.id.

Nurul Aini Safitri, 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen Melalui Media Sosial. Competence, Jurnal Of Management Studies. Volume 11 No.2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Tarunojayo. Madura.

Prayogo, C., 2020. Apa Saja Dampak Penerapan Lockdown ? Warta Ekonomi.co.id

Rimba, T, 2020. Apa itu Cost Driver dan Konsep Dasar Teori Biaya. tirtarimba.blogspot.com.

Sahidu, A., Tajidan, Lalu Wiresapta Karyadi dan Suwadnya, 2018. Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Nilai Tambah Produk Agroindustri Tahu di Kabupaten Lombok Utara. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.Universitas Mataram.

Septiono, 2016. Perubahan Sifat Fisik Kimia Protein Selama Proses Pembuatan Tahu Sebagai Rujukan Bagi Posdaya. Journal of Social Welfare. Jurnal Kesejahteraan Sosial. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Trilogi. Vol.3 No.1.

Sri Maryati, Sri Supartiningsih, Rosmilawati, Asri Hidayati, dan Efendy, 2017. Analisis Permintaan Kedelai Pada Agroindustri Berbasis Kedelai di Kota Mataram. Agrimansion. Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Mataram

Suci Fitriani Sammulia, Tirsa Poluan, dan Yenisa Frisca Yusri, 2020. Analisis Kualitatif Kandungan Formalin Pada Tahu di Pasar Jodoh Kota Batam. ejournal.lldikti10.id.

Supriyono, Budi Hariono, dan Rizza Wijaya, 2019. Peningkatan produksi Industri Rumah Tangga Pembuatan Tahu Dengan Penerapan Teknologi Penyaringan Tipe Drum Berputar (Rotary Drum) di Kabupaten Jember. Proseding. Publikasi.polije.ac.id.

Uly, Y.A., 2021. Harga Kedelai Impor Kian Mahal, Siap-siap Harga Tahu Tempe Naik Lagi.

Wiyono, T. dan Baskh, R., 2015. Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Usaha Tahu Pada Industri Rumah Tangga “Wijanto” di Desa Ogorandu Kecamatan Bolano Lambunu Kebupaten Paragi Mountong. E-J.Agroteknis 3(3):421-426. Juni 2015.

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles